AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon, Bode­win M Wattimena mengatakan, sebelum akhir tahun dirinya akan merombak birokrasi di tubuh Pemerintah Kota Ambon.

Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akang bergeser bahkan tergeser dari posisinya.

Hal ini disampaikan Wattimena saat memberikan amanat dalam Upacara HUT Korpri ke- 51,  Selasa (29/11).

“Birokrasi akan segera dirombak. Pemkot telah melaksankan Job Fit terhadap para pejabat ssalon II, dan telah melaksanakan pertimbangan jabatan melalui Badan Pertimbangan Jabtan dan Kepangkatan (Baperja­kat) untuk esalon III dan IV,” ungkapnya.

Wattimena mengatakan, hal itu akan dilakukan dalam bulan Desember 2022 ini.

Baca Juga: Belanda Tatap 16 Besar

Dia juga mengaku telah mem­bentuk panitia seleksi untuk melakukan proses itu.

“Awal Desember kita akan me­lakukan penataan birokrasi. Pansel telah dibentuk untuk melaksnakan job fit terhadap pejabat esalon II, dan esalon III, IV yang sudah Baperjakat. Soal isu hari ini jabatan birokrasi didominasi IPDN, saya pastikan tidak ada IPDN non IPDN di kota ini,” tandasnya.

Dia meminta, para ASN terutama para eselon, agar tidak terpengaruh dengan isu tersebut, yang akhirnya mempengaruhi kinerja pada OPD masing-masing.

“Saya harap isu ini tidak mem­pengaruhi kinerja, terutama soli­daritas para ASN dilingkup Pemkot, yang akhirnya berimplikasi pada momen-momen politik yang akan berlangsung nanti. Jangan mainkan isu seolah-olah itu dibuat untuk kepentingan 2024. Saya juga berharap, tidak lagi ada pembicaraan terkait dengan perombakan birokrasi dengan IPDN dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak ingin ada perpecahan lantaran isu-isu tersebut. Tetap bekerja dan melayani masyarakat, untuk mengembalikan keper­cayaan publik ini bagi Pemerintah Kota Ambon.

“Bekerja dengan baik supaya mengembalikan kepercayaan publik bagi Pemkot,” pintanya.(S-25)