MASOHI, Siwalimanews – Deputi III, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI  yang diwakili Asisten Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Yudi Yohannes Prabangkara melakukan kunjungan kerja ke PT Wahana Lestari Infestama.

Kedatangan Asisten Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Yudi Yohannes Prabangkara dan rombongan 29-30 November itu diterima langsung oleh .Presiden Direktur PT WLI Karel Albert Ralahallu.

Prabangkara disela-sela peninjauan sejumlah instalasi industri perusahaan yang bergerak di bidang budidaya udang itu mengatakan, kunker ini dilakukannya untuk meninjau langsung bentuk kerja sama investasi antara investor Tiongkok dengan pengusaha Indonesia. Dimana proses kerja sama investasi yang dilakukan oleh perusahaan industri perikanan Indonesia dan Tiongkok berjalan sangat baik.

“Kami telah melihat langsung proses kerja sama investasi yang dilakukan industri RI melalui PT WLI dengan mitra kerja dari Tiongkok dan menurut kami kerja sama ini berjalan sangat baik,” ucapnya.

Dijelaskan, Pemerintah RI membuka peluang seluas luasnya untuk menumbuhkan iklim investasi di wilayah RI dengan semua negara. Dimana dalam hal itu, pemerintah siap memfasilitasi semua proses investasi itu.

Baca Juga: Komisi IV Pastikan Tunjangan Tamsil Tetap Dibayar

“Kami menyaksikan sendiri selama lebih dua hari ini dimana dalam prosesnya telah menunjukkan kemajuan yang berarti, mulai dari penyiapan lahan, produksinya, bahkan hasilpun telah diekspor ke beberapa negara. Tentu ini sangat baik, karennya kami sangat mengapresiasinya,” tandasnya.

Secara umum kata Yudi, progres kerja sama investasi yang dilakukan di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dibenahi dan difasilitasi oleh pemerintah. Salah satunya adalah kebutuhan tenaga listrik.

“Secara umum kualitas kerja sama investasi yang dilakukan industri RI dengan Tiongkok itu sudah sangat baik, ada beberapa kekurangan, salah satunya soal dukungan tenaga listrik yang nantinya akan kami sampaikan, sehingga minimal dapat difasilitasi pemerintah,” janjinya.

Presiden Direktur PT WLI Karel Albert Ralahallu menyambut baik kunker Asdep Deputi III Kemnko Merves, Yudi Prabangkara bersama rombongan di wilayah. investasi PT WLI. Baginya ini sebuah kehormatan, sebab meski berada di wilayah yang jauh di Pulau Seram Maluku Tengah, namun pemerintah masih mau menunjukkan perhatiannya.

“Ini sebuah kehormatan bagi kami. Sebab meski berada di wilayah terpencil di Seram pemerintah melalui Kemenko Marves masih mau meninjau dan melihat langsung kerja sama investasi yang sedang bejalan antara kami dengan mitra kerja dari China,” ucap Ralahalu.

Mantan Gubernur Maluku dua periode itu mengaku, kunker ini sangat penting bagi PT WLI dalam rangka memperbaiki proses investasi yang sedang berjalan saat ini. Olehnya diharapkan melalui kunker itu nantinya, pemerintah dapat membantu PT WLI untuk menangani berbagai hambatan dan tantangan investasi yang sedang dihadapi.

“Tentu kami berharap hal ini akan memberikan support yang berart bagi PT WLI, baik yang ada saat ini maupun di masa yang akan datang. Tentu dengan perhatian dan dukungan pemerintah itu, kami harapkan akan turut memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi baik secara lokal maupun nasional, harapnya. (S-36)