PIRU, Siwalimanews –  Sebanyak 225 siswa Sekolah Polisi Negara Polda Maluku yang angkatan 2020-2021 melaksanakan latihan kerja di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kedatangan para siswa di SBB ini diterima Plh Sekda SBB Alvin Tuasun di Halaman Kantor Bupati, Rabu (1/12).

Upacara penerimaan siswa Diktuk Bintara Polri ini sebagai warga kehormatan di Bumi Saka Mese Nusa. Dimana upacara ini dipipin oleh Plh Sekda selaku inspektur upacara dan sekaligus membacakan pernyataan penerimaan siswa sebagai warga kehormatan.

Sebagai warga kehormatan, para siswa ini diterima secara adat dengan cara mengikat lenso merah dibagian leher oleh para tokoh adat, selanjutnya dilakukan penyiraman kembang sebagai tanda penerimaan para siswa sebagai warga SBB oleh Sekda.

Sekda dalam arahannya mengatakan, latihan kerja yang dilaksankan para siswa SPN Polda Maluku di Bumi Saka Mase Nusa ini sangat mendapat perhatian dan atusias dari pemerintah daerah.

Baca Juga: Cabuli Gadis Remaja, Oknum Guru di Bursel Dipolisikan 

“Atas nama pemda, saya harap para siswa tetap melaksankan protokol kesehatan saat terjun ke lapangan dan dapat memberikan arahan atau bimbingan agar masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa dapat mengkuti serbuan vaksinasi,” ucap Sekda.

Ia menghimbau, kepada 225 siswa untuk tidak segan-segan dalam menjalankan tugas latihan kerja, dan jangan lupa untuk selalu membangun hubungan baik dengan masyarakat, terlibih khusnya dengan pemda.

Wakapolres SBB Kompol James Sumbung kepada wartawan mengungkapkan, sebanyak 225 siswa SPN Polda Maluku Angkatan 2020-2021 yang melaksankan latihan kerja di wilayah Polres SBB.

Pembagian tugas latihan kerja di tiga wilayah ini yakni Polres, Polsek Piru wilayah Kecamatan Seram Barat, dan Polsek Waesarisa Kecamatan Kairatu Barat. Dimana materi yang didapakan siswa saat mengikuti pendidikan itu nantinya akan dipraktekan di wilayah kerja latihan.

“Dari 225 siswa yang akan dibagikan disetiap wilayah latihan kerja akan dibagi, setiap polsek sebanyak 50 orang, dan sebagiannya akan siap ditempatkan di Polres,” ujarnya.

Siswa yang mengikuti latihan kerja di wilayah SBB ini akan dikendalika untuk melaksanakan tugas seperti polisi umum sesuai dengan amanat, seperti penjagaan, menerima laporan dari masyarakat, patroli dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondisi kamtibmas serta vaksinasi.

Para siswa ini saat melaksanakan latihan kerja, mereka juga didampingi oleh para pengasuh masing-masing, salah satunya Danki dan Danton.

”Untuk itu saya harapkan kepada 225 orang siswa dalam melaksankan latihan kerja dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat SBB demi nama baik kepolisian,” ucapnya.(S-48)