AMBON, Siwalimanews – DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku resmi melaunching pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, menjelang perhelatan Pilkada serentak November mendatang.

Launching tersebut berlangsung di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku di Jalan Putu Ina Desa Poka, Selasa (16/4).

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Latif Lahanne mengatakan, pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ditandai dengan launching ini dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

“Mulai hari ini, kita resmi membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah baik gubernur dan wakil gubernur maupun bupati/walikota dan wakil bupati walikota di seluruh Maluku,” ungkap Lahane, kepada wartawan, di  Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Selasa (16/4).

Kata dia, proses pendaftaran ini hanya berlangsung selama 10 hari, terhitung 16-26 April, sehingga diharapkan selama 10 hari ini dapat terjaring putra putri terbaik dari Provinsi Maluku untuk mengikuti perhelatan lima tahunan ini.

Baca Juga: Buka Pendaftaran Calkada, PKB Tunggu Persetujuan DPP

“Khusus untuk bakal calon bupati/walikota dan wakil bupati/walikota yang tidak bisa mendaftar di kabupaten/kota, bisa langsung mendaftar di DPD,” katanya.

Dijelaskan, pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah ini bukan saja bagi kader partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini saja tetapi terbuka luas bagi masyarakat umum yang memenuhi syarat sebagaimana yang sudah ditetapkan.

“Kita hanya melakukan penjaringan sebanyak mungkin, selanjutnya rekomendasi yang akan diberikan menjadi keputusan DPP. Jadi siapapun dan berapa banyakpun orang yang mendaftar, semua nama akan kita bawa ke DPP,” tandasnya.

Lahane juga menjelaskan, setiap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang nantinya direkomendasi dari Partai Demokrat, tentunya memiliki elaktabilitas yang tinggi. Hal itu ditandai dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei dan Partai Demokrat juga telah menyiapkan lembaga survei tersendiri.

Disinggung soal peluang kader untuk memperoleh rekomendasi nantinya, Lahane menegaskan, tentunya orang yang berdarah-darah akan  menjadi pertimbangan DPP.

“Itu mungkin poin plus bagi dia,” katanya.

Ketua Bappilu DPD  Partai Demokrat Provinsi Maluku,  Junus Ukru   mengatakan, semua orang yang mendaftarkan diri di Partai Demokrat mempunyai peluang yang sama untuk memperoleh rekomendasi.

“Semua orang punya peluang yang sama, karena rekomendasi yang diberikan DPP itu tentunya akan diberikan kepada calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dianggap layak. Jadi tidak ada prioritas atau anak emas. Memang ada kader-kader yang sudah banyak berkontribusi terhadap partai tapi arahan DPP semua akan diperlakukan sama dan tentunya akan melalui pertimbangan-pertimbangan misalnya hasil survei juga,” katanya.

Turut mendampingi, Ketua OKK DPD Provinsi Maluku, John Lefmanut.(S-08)