MASOHI, Siwalimanews – Jajaran Kejaksaan Negeri Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengikuti vidcom Kejaksaan Republik Indonesia yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo, yang berlangsung di aula rapat Kantor Kajari Malteng, Senin (14/12).

Rapat kerja Nasional Jaksa Republik Indonesia yang diikuti Kajari Juli Isnur bersama seluruh staf melalui sambungan online video confrence.

Disela acara itu kepada wartawan Kajari Juli Isnur mejelaskan, raker  Kejaksaan RI digelar dibawah sorotan tema “Komitmen Kejaksaan mensukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Apabila dicermati, menunjukkan concern dan empati dari lembaga Kejaksaan RI terhadap kondisi bangsa dan negara saat ini yang sedang mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak pandemi global Covid-19, selain mengurusi persoalan penegakan hukum as bussiness as usual,” ungkap Isnur.

Hal ini, kata dia, menandakan walaupun dalam kondisi Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, Kejaksaan RI terus melakukan inovasi dan  improvisasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya serta turut mendukung beragam  kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional yang sedang dilakukan oleh pemerintah khususnya dalam  penanggulangan dampak Covid-19.

Baca Juga: Kapolda Laporkan Keamanan Pasca Pilkada ke Gubernur

“Walaupun perhatian seluruh bangsa dan negara sedang tercurah pada pandemi Covid-19, dengan memikirkan berbagai langkah penanggulangannya, namun kita tidak boleh mengabaikan rencana pembangunan yang telah dibuat oleh pemerintah dan harus tetap mengacu pada lima prioritas kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” jelasnya.

Dijelaskan, lima prioritas kerja presiden dan wakil presiden itu, yakni pertama, membangun SDM yang menjadi prioritas utama. kedua, pembangunan infrastruktur berkelanjutan. ketiga, memangkas segala bentuk kendala regulasi. keempat, penyederhanaan birokrasi yang dilaksanakan besar-besaran, dan kelima, transformasi ekonomi,” katanya.

Untuk diketahui, raker Kejaksaan RI yang diikuti melalui video confrence jajaran kejaksaan seluruh Indonesia termasuk jajaran Kejari Malteng itu dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Dalam Raker itu juga terdapat pemaparan materi dari sejumlah menteri diantaranya pengarahan Menko Polhukam, Mafud MD. Menko Perekonomiam Airlangga Hartanto. Dan Menko Luhut Panjaitan. Materi juga Dilanjutkan dengan paparan dari Jaksa Agung, St. Burhanudin Waja. Setia Untung Arinuladi, kemudian paparan materi dari Jaksa Agung Muda Pembinaan, Jaksa Agung Muda Intelijen dan  Jaksa Agung Muda Pembinaan.

Tak hanya Raker, Jaksa kegiatan Rapat Pengurus  Adiyaksa Dharma Kartini se- Indonesia juga digelar dihari yang sama.

Meski kedua kegiatan itu memiliki  waktu berbeda dengan selisih waktu lebih dari 1 jam. Namun kedua kegiata itu dapat berjalan dengan lancar. (S-36)