DOBO, Siwalimanews – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di kabupaten Aru, berhasil menuntaskan proses pencocokan dan penelitian atau coklit Pilkada 2024 lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

Komisioner KPU Aru Divisi Perencanaan Data dan Informasi Robert Tildjuir kepada wartawan di Dobo, Selasa (23/7) mengaku, sesuai jadwal pelaksanaan coklit dilangsungkan mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli,  namun petugas Pantarlih dapat menyelesaikannya dengan cepat yakni pad 19 Juli kemarin.

Sebanyak 280 pantarlih yang diterjunkan tersebar di 10 kecamatan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Coklit Pilkada 2024, dipastikan telah mencakup 100 persen data DPT pemilu terakhir 71.980 dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hasil sinkron untuk pilkada sebanyak 70.243 pemilih.

“Petugas pantarlih sebagai perpanjangan tangan dari KPU untuk pelaksanaan coklit, puji Tuhan Aru 100 persen tuntas, dan pada kesempatan ini saya ucapkan banyak terima kasih untuk semua masyarakat Aru yang sudah membantu kami memberikan data,” ucap Tildjuir.

Ia juga memberikan apresiasi kepada PPK dan PPS yang telah bekerja keras sukseskan pelaksanaan coklit di semua kecamatan.

Baca Juga: Kejari Aru Selamatkan Keuangan Negara 2,3 M

“Untuk PPK serta PPS dan yang paling saya banggakan pantarlih yang tersebar di 10 kecamatan, perjuangan kalian luar biasa semoga kualitas data kita bisa menjadi bagian dari pelaksanaan pilkada yang berintegritas,” ujar Tildjur.

Pada kesempatan tersebut, ia juga minta kepada masyarakat, agar setelah ditetapkan daftar pemilih sementara (DPS) dapat memberikan tanggapan untuk perbaikan.

“Permintaan saya untuk seluruh masyarakat, nanti setelah kami tetapkan DPS dapat memberikan tanggapan agar ada perbaikan, demi menjaga hak pilih warga negara Indonesia lebih Khusus di Aru,” pinta Tildjur.(S-11)