PERSOALAN stunting dan kemiskinan ekstrim, saat ini menjadi perhatian serius Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, bersama Ketua PKK Kabupaten Malteng, Ny Bella Marasabessy.

Karenanya, berbagai kebijakan dan terobosan terus digalakan untuk memanilisir Stunting atau masalah gizi kronis akibat kurang­nya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak dan miskin ekstrim bagi warga dengan kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi ke­butuhan dasar, yaitu makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi terhadap penda­patan dan layanan sosial.

Untuk perangi stunting dan kemis­kinan ekstrim di Malteng, maka Pen­jabat Bupati Malteng dan isteri mem­berikan bantuan kepada masyarakat melalui Dinas Kominfo Malteng.

“Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melalui bapak Penjabat Bupati Malteng menyatakan “perang” terhadap kemiskinan ekstrim dan stunting yang masih tinggi di wilayah ini, “kata Kadis Komunikasi dan Informatika (Kom­info) Malteng, Hengky Tomasoa.

Buktinya, kata dia, sejumlah program emas Penjabat Bupati Malteng, yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pendamping Negeri (OPEN) dan Gerakan Bersama (GEMA) Ina Parenting di Maluku Tengah, Pen­jabat Bupati berupaya menye­lesaikan kemiskinan ekstrim dan stunting di Malteng, dengan melibat semua OPD yang ada di Bumi Pamahanunusa.

Baca Juga: Bupati Apresiasi Pencanangan Program Literasi & Inklusi 1000 Perempuan

“Diharapkan pada tahun-tahun mendatang Malteng, tidak lagi penyuplay kemiskinan ekstrim dan tingginya stunting,”tandasnya.

Dikatakan, saat ini seluruh OPD di Pemkab Malteng, sudah me­nyebar di seluruh desa dan negeri di daerah itu.

”Jadi sudah ditindaklanjuti oleh sebagian besar OPD yang ada. Saat ini sudah dimulai dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Maluku Tengah,” bebernya.

Sementara, Dinas Kominfo Mal­teng, saat ini menjadi pendamping pada empat negeri di Kecamatan Nusalaut, yakni Negeri Ameth, Negeri Nalahia, Negeri Akoon, dan Negeri Leinitu, Rabu (10/5) hingga Kamis (11/5).

“Dinas Kominfo Malteng telah bertemu langsung dengan pemang­ku kepentingan pada negeri masing-masing yang didampingi oleh Camat Nusalaut Glen Masella,”jelasnya.

Dalam perbincangan tersebut, kata Tomasoa, telah dibicarakan beberapa hal penting dalam rangka upaya penyelesaian masalah kemiskinan ekstrim maupun pena­nganan stunting.

”Saat pertemuan saya menyam­paikan arahan, harapan, dan pesan dari bapak Penjabat Bupati yang intinya dengan bekerja dan bertindak bersama, kemiskinan ekstrim dan stunting di Malteng diharapkan dapat teratasi,”ingat­nya.

Tak hanya itu, Kadis Kominfo Malteng juga menitipkan pesan damai dari Penjabat Malteng, agar warga tetap menjaga keharmonisan baik dalam negeri maupun antar negeri, sehingga seluruh masya­rakat dapat melakukan aktivitasnya dengan aman dan nyaman.

Pada kesempatan tersebut Pen­jabat Bupati melalui Dinas Kominfo memberikan bantuan dalam bentuk pemberian telur sebagai penopang pemberian makanan tambahan yang telah disediakan oleh pemerintah negeri melaui Anggaran Dana Desa.

“Meski, tidak seberapa bantuan yang diberikan, harapan bapak Penjabat Bupati, kiranya hal tersebut dapat memicu pemerintah negeri untuk bersama-sama melihat dan menyelesaikan persoalan yang ada,” harapnya.(S-17)