KENDARI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tenggara, Taher Hanubun mendapat penghargaan inisiator olahraga dari Seksi War­tawan Olahraga  (SI­WO) Persatuan War­tawan Indonesia  (PWI) Pusat, da­lam rangkaian ke­giatan Hari Pers Na­sional (HPN) 2022 di Hotel Plaza Inn, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa(8/2).

Organisasi olah­raga yang merupa­kan bagian dari salah satu seksi di PWI ini memberikan penghargaan kepada Hanubun, karena dinilai punya inisiatif baik dalam mengembangkan olahraga di kabupaten yang dipim­pinnya.

Taher Hanubun  adalah salah satu dari enam bupati dan walikota serta tujuh gubernur dari berbagai daerah di Indonesia  yang terpilih menerima penghargaan.

Penghargaan diserahkan lang­sung oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Depari serta disaksikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Sekjen SIWO PWI, Suryansyah kepada pers di Kendari mengatakan, pihaknya menilai Hanubun karena peduli dan konsern dalam mengem­bangkan olahraga di Kabupaten Malra.

“Pak Bupati Malra itu bukan orang baru. Sejak di Jakarta dulu jauh sebelum beliau dipercayakan Rakyat Maluku Tenggara memimpin kabu­paten itu sangat oeduli dengan olahraga. Dan SIWO menilai dia layak menerima penghargaan itu. Kalian di Maluku harus apresiasi dong, ini prestasi. Olahraga itu harus dibina dan dikembangkan untuk kemajuan daerah bangsan dan negara,” tandas Suryansyah.

Terima Kasih

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Hanubun menyam­pai­kan terima kasih kepada PWI khususnya SIWO.

“Sebuah penghargaan itu kan seharusnya ada penilaian -penilaian tertentu. Secara pribadi dan juga atas nama pemerintah daerah me­nyampaikan terima kasih  kepada teman-teman media terkhususnya di Maluku dan juga teman-teman DI PWI pusat dan SIWO. Ucapan yang sama juga saya sampaikan ke­pada    pak  Menpora yang sudah  men­je­laskan berbagai pikiran-pikiran untuk memajukan olahraga di tingakat nasional,” ungkap Hanubun.

Ia mengatakan, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)  yang disampaikan Menpora harus didu­kung seluruh pemangku kepenti­ngan di daerah jika ingin olahraga maju.

“Sebelum sampai ke tingkat nasional perlu adanya  dukungan dari pemerintah daerah dan ini kan suda ada perubahan regulasinya.

Perubahan ini sudah memberikan peluang kepada pemerintah daerah untuk menganggarkan dalam rangka pembinaan prestasi olahraga,” jelas Hanubun.

Meski ada keraguan, namun Ketua KONI Malra ini  optimis dengan perbaiki sistem pembinaan cabang olahraga dan ditunjang dengan anggaran yang mumpuni, olahraga berprestasi akan tetap maju dan berjaya.

“Karena apapun program kita apapun rencana kita yang bagus, tapi kalau tidak didukung dengan anggaran tidak akan mungkin.  Ha­rus ada insan-insan olahragawan yang berkecimpung dalam dunia olahraga. Harus berpikir supaya me­nghasilkan. Tadi dijelaskan oleh pak Menpora ada olahraga pendidi­kan, ada olahraga prestasi, juga ada in­dustri olahraga. Nah, ini  harus men­jadi catatan. Jadi catatan ke depan sehingga  kita bisa mengolah indus­tri olahraga dalam kehidupan mas­yarakat,” pungkas Hanubun. (S-07)