PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Rakib Sabubawa mengha­diri sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PER­PAMSI) Daerah Maluku Tahun 2023 yang berlangsung di Baileo Ir. Soekarno, Masohi. Senin (18/09).

Rakerda sangat penting sebagai wujud komitmen dan peran bersama selaku Pemerintah Daerah dan pe­mangku kepentingan lainnya untuk mendorong peningkatan layanan air minum bagi seluruh masyarakat di daerah Maluku,” ungkap Sahubawa, dalam sambutannya.

“Sebagaimana amanat UUD Pasal 33 tentang air sebagai kekayaan yang dimiliki oleh negara. Oleh karenanya, sumber air yang ada di suatu daerah harus bisa digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya oleh daerah tersebut, tetapi juga oleh seluruh daerah di sekitarnya,” ujarnya.

Dikatakan, Rakerda ini sangat penting, untuk nantinya seluruh PDAM/Perumda Kabupaten/Kota dapat melakukan evaluasi bersama dan koreksi atas capaian kinerja se­lama setahun dan mendapat bimbi­ngan teknis dan administrasi dari para instruktur agar PDAM/Perumda Air Minum di Maluku semakin baik, sehingga menghasilkan pelayanan yang prima yang dirasakan oleh se­luruh pelanggan, “ungkap Sahu­bawa.

Melalui Rakerda tersebut, akan dibahas isu-isu strategis dan peng­em­bangan pelayanan air minum di wilayah Maluku, mengingat caku­pan air minum secara nasional masih rendah, sementara pelayanan air minum adalah tugas pemerintah yang mana telah mengamanatkan kepada BUMD Air Minum.

Baca Juga: Bupati Temui KPN & Kepsek se-Kecamatan Salahutu

“Saya berharap, seluruh peserta Rakerda dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan bertanggung jawab, sehingga melalui Rakerda ini dapat menghasilkan program yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pelaya­nan air minum bagi seluruh warga masyarakat di Provinsi Maluku,” harapnya

Sahubawa juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku serta berbagai pihak atas perhatian yang begitu besar bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku demi peningkatan kualitas layanan air minum bagi seluruh masyarakat di Maluku,” tutupnya

Hadir dalam Rakerda tersebut, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Tenaga Ahli PERPAMSI, Mentor PT Air Minum Giri Menang Provinsi NTB, Ketua DPD PER­PAMSI Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah dan para Direktur Perumdam/PDAM kabupaten/kota se-Maluku. (S-17)