MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua kembali menyentuh warganya dengan mendorong bantuan pangan ke masyarakat Kota Masohi dan sekitarnya.

Bantuan pangan ratusan paket yang diberikan ke masyarakat ini, merupakan hasil panen ubi jalar dari kebun milik bupati. Aksi bagi-bagi hasil panen ini dilakukan pada, Selasa (18/8).

“Ini merupakan hari kedua kami bagikan sedikit rejeki yang kami miliki kepada warga. Kemarin kami juga dorong setidaknya 300 lebih paket ubi jalar kepada warga,” ucap bupati kepada wartawan usai membagikan hasil panen perkebunannya kepada warga di Keluarahan Lesane.

Menurutnya, apa yang dilakukannya ini murni secara pribadi dan tidak atas nama pemerintah. Hal itu dilakukannya karena kepeduliannya mendorong penguatan pangan warga ditengah pandemi Covid-19 yang telah merenggut berbagai masalah sosial dan ekonomi masyarakat.

“Kami sadar bahwa pandemi Covid-19 ini telah menganggu berbagai masalah sosial ekonomi masyarakat, salah satunya menurunnya kemampuan masyarakat membiayai kebutuhan pangan sebagai akibat dari kehilangan pekerjaan, kesulitan berusaha dan lain sebagainya. Jadi dengan bantuan relawan kami bersyukur dapat sedikit meringankan kebutuhan warga,” ujarnya.

Baca Juga: PKK Gebrak Bagi 4000 Masker

Ia memastikan, bantuan pangan lokal yang disalurkannya secara pribadi itu akan terus berlangsung sampai dengan masa panennya selesai.

“Hasil panen kita saat ini cukup banyak, kalau kita dorong ke seluruh warga di Masohi dan sekitarnya masih sangat mungkin terpenuhi. Jadi kami pastikan kita akan terus berkunjung dor to dor ke masyarakat tanpa memandang latar belakang kualitas hidupnya, akan kita salurkan. Jadi besok kita jalan lagi, kita tidak batasi yang kurang mampu atau yang mampu, semua akan kita bagikan ke masyarakat,” tuturnya.

Pantauan Siwalimanews saat kegiatan panen hasil kebun pribadi bupati ini terlihat warga sangat antusias menerima bantuan tersebut. Bahkan pembagian dilakuan tidak secara acak, semua warga baik mampu, kurang mampu seluruhnya mendapat bantuan pangan lokal itu. Tak jarang dari mereka mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang dibagikan pemimpin mereka.

“Terimakasih bapak bupati, bantuan ini sangat berharga dari pada uang, ini bisa kita goreng, rebus dan lain sebagainya. Kami berharap Allah SWT senantiasa merahmati bapak dalam tugas, kalau bisa tiap bulan kita terima bantuan seperti ini,” ucap Hasri Nastri bersama sejumlah ibu rumah tangga penerima bantuan di RT 10 Kelurahan Lesane.

Apresiasi dan sambutan yang sama juga disampaikan warga RT lainnya yang saat itu menerima bantuan bupati dua periode ini.

“Lebih baik begini, kami bisa langsung bertemu pak bupati dan beratap muka langsung, tapi tentu bantuan ini sangat berguna bisa buat tambahan makanan beberapa hari bagi kita,” tandas warga lainnya saat itu. (S-36)