PIRU, Siwalimanews – Pejabat Bupati Seram Bagian Barat Andi Chandra As’aduddin meminta kepada seluruh pejabat untuk kreatif dan inovatif dalam tugas.

“Saudara yang disumpah dan dilantik hendaknya mempunyai kemauan kuat untuk dapat terus melakukan kreativitas dan inovasi dalam bekerja,” ingatnya usai melantik puluhan pejabat administrator dan pengawas di Kantor Bupati, Jumat (5/1).

Selain itu ia juga meminta agar para pejabat menghayati peran dan fungsinya dalam pelaksanaan tugas serta dapat memberikan kontribusi yang besar dalam dinamika organisasi pemerintahan.

Sebagai pejabat pembina kepegawaian ia juga mempunyai kewenangan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai ASN serta pembinaan manajemen ASN.

Berdasarkan kewenangan tersebut, lanjut Bupati, maka dengan itu dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrator dan pengawas.

Baca Juga: Wanita 18 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk

“Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai berdasarkan kompetensi, kinerja, pengabdian dan komitmen terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kepada negara,” ingatnya.

Oleh karena itu, bagi pejabat yang dilantik hendaknya mempunyai kemauan kuat dalam bekerja, memiliki wawasan yang luas, serta siap membantu pimpinan dalam merumuskan kebijakan.

Seorang pejabat juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi.

“Secara khusus saya sampaikan untuk menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab,” tegasnya.

Dalam menjalankan tugas seorang pejabat merupakan pelayan bagi masyarakatnya.

Demi tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat harus respon terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi

Tidak hanya itu harus memiliki semangat untuk mewujudkan Good Governance dan menghindari terjadinya KKN.

Pejabat harus mempunyai wawasan yang jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pikiran yang kreatif, inovatif dan sistematik untuk kepentingan organisasi,” pesannya.(S-18)