AMBON, Siwalimanews – Lisa Wattimena yang merupakan istri Penjabat Walikota Ambon, dikukuhkan sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) Kota Ambon oleh Ketua Tim Pengerak PKK Maluku Widya Pratiwi Murad di Marina Hotel, Selasa (21/6).

Widya dalam sambutannya berharap, pengukuhan ini tidak dipandang sebagai seremonial belaka, namun harus dilihat sebagai sebuah amanah dan tanggungjawab yang harus dikerjakan.

“Kita semua tahu segala sesuatu yang dilakukan tanpa perencanaan yang baik, pasti hasilnya pun tidak baik, demikian pula penting bagi kita mengedukasi generasi muda supaya mampu merencanakan hidup dengan baik,” ujarnya.

Tugas Bunda Genre menurutnya melakukan pendampingan dan pembinaan kepada remaja atau generasi muda, agar merencanakan masa depan mereka, mulai dari merencanakan pendidikan, mengajarkan remaja menjauhi pernikahan dini dan seks pra nikah.

Program Genre sendiri, adalah bagaimana mengajak remaja untuk menyiapkan generasi berkeluarga, melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mampu melangsungkan pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Baca Juga: Bupati SBB Diminta Cabut SK Donhard

“Untuk itu, pemahaman stunting bisa dimulai sejak dini, sejak usia remaja atau kepada calon pengantin, sehingga anak yang dilahirkan bisa terhindar dari bahaya stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Wattimena usai dikukuhkan, mengaku siap menjalankan tugas dan bertanggungjawab dengan membangun komunikasi, koordinasi serta kolaborasi dengan jajaran Tim Pengerak PKK Maluku dan stakeholder lainnya.

Untuk diketahui pelantikan Bunda Genre Kota Ambon dilak­-sanakan bersamaan dengan rapat koordinasi percepatan penurunan stunting. (Mg-1)