AMBON, Siwalimanews – Pembudidayaan rumput laut menjadi salah satu program dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon yang dikembangkan di Dusun. Wael, Desa. Piru, Kec. Seram Barat, Kab. Seram Bagian Barat.

Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina yang diwakili Kadispotmar Lantamal IX Letkol Laut (PM) Muhammad Darwin Dalimunte ikut melaksanakan panen rumput laut bersama dengan para petani rumput laut binaan Lantamal IX.

“Ini pilot project rumput laut yang merupakan program dari Lantamal IX di bidang potensi maritim dimana TNI Angkatan Laut

dalam hal ini Spotmar Lantamal IX,” terangnya dalam rilis yang diterima Siwalima kemarin.

Dirinya mengaku apa yang dilakukan merupakan pembinaan terhadap para petani rumput laut.

Baca Juga: Rumah Warga Amantelu Dilahap Si Jago Merah

Selain itu kegiatan yang dilak­sanakan berdasarkan keputusan Kasal tentang pemberdayaan wi­layah pertahanan laut, pembinaan wilayah pesisir dan pembinaan ketahanan wilayah maritim.

“Awalnnya kita melakukan komunikasi sosial dengan para petani rumput laut, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi panen, melakukan pembibitan rumput laut baru yang akan dibudidayakan dan melakukan pemasangan bibit pada tali sebagai media pembibitan,” jelasnya.

Kadispotmar Lantamal IX yang mewakili Danlantamal IX mengatakan kegiatan ini merupakan aplikasi program Salawaku Biru sebagai bentuk perhatian dan pembinaan TNI Angkatan Laut terhadap masyarakat pesisir serta petani rumput laut.

“Jadi kegiatan ini merupakan salah satu tugas pokok dari Spotmar Lantamal IX dalam rangka membina, membantu dan melancarkan kegiatan masyarakat pesisir di bidang kemaritiman,” tegasnya.

Kegiatan diakhiri dengan melaksanakan panen rumput laut yang sudah siap dipanen dan melakukan penjemuran bersama para petani rumput laut. (S-09)