AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala minta Pemerintah Provinsi Maluku bersama pihak Balai Jalan untuk memantau atau melihat kerusakan infrastruktur jalan trans seram saat musim penghujan.

“Kondisi infrastruktur jalan akan mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu daerah, maka pemeliharaan ruas-ruas jalan trans seram yang menjadi kewenangan Kementerian PUPR dan Provinsi harus tetap terlaksana dengan baik,” ucap Sangkala kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (5/7) merespon kondisi curah hujan tinggi yang terus terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Untuk ruas jalan yang masuk dalam kewenangan BPJN kata Sangkala, khususnya pada trans seram, seringkali terjadi longsoran pada badan tanah, yang mengakibatkan pengguna jalan pun terganggu dan mengancam keselamatan mereka.

Hal yang sama juga terjadi pada ruas jalan yang masuk dalam kewenangan Pemerintah Provinsi Maluku, yang mestinya tetap dijaga, terutama pada lokasi Seram Utara Barat menuju SBT maupun jalan menuju Taniwel dan Huamual belakang.

“Monitoring itu harus dilakukan, agar jika ada kerusakan kerusakan bisa dapat diatasi, sehingga dipastikan pada perayaan Idhul Adha tahun ini, mobilitas yang cukup tinggi dan transportasi barang serta juga hewan kurban maupun mobilitas perdagangan dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Baca Juga: 25 Peserta SSDN Lemhanas Kunjungi Kodam Pattimura

Sangkala berharap, Pemprov Maluku dan BPJN untuk dapat berkoordinasi, guna melaksanakan monitoring, sehingga langkah-langkah perbaikan secepatnya dapat dilakukan.(S-20)