TIAKUR, Siwalimanews – Badan Nasional Penanggulangan Bencana, menggelar workshop pembahasan draft final rencana kontingensi gempa bumi dan tsunami yang berlangsung di salah satu Hotel di Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (5/7).

Analis Bencana BNPB RI Dianita Agustinawati dalam kegiatan itu mengatakan, pihaknya sudah memulai menyusun draft nol dan hari ini, pihaknya kembali lagi ke MBD untuk melakukan finalisasi dari dokumen yang dibuat.

Pasalnya, untuk dokumen draft kontingensi gempa bumi dan tsunami ini hakekatnya bukan menjadi dokumen BPBD, tetapi menjadi dokumen pemda, olehnya itu dibutuhkan kerjasama.

“Setelah tahapan finasliasi ini, nantinya pada bulan depan kita akan kembali ke Kabupaten MBD dalam format agenda yaitu Semiloka dan Sosialisasi,” ujarnya.

Dokumen ini menurutnya adalah, bukan milik BPBD semata tetapi milik kabupaten, agar bisa mengantisipasi kesiapsiagaan lebih awal, dalam hal menghadapi bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami.

Baca Juga: Periode Juni, Polres Malteng Ungkap Lima Kasus Narkoba

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten MBD Frangky Letlora mengharapkan, nantinya setelah dokumen rencana kontingensi ini diserahkan kepada Pemkab MBD, kiranya dapat dilaksanakan oleh semua dinas terkait yang ada dalam penanggulangan bencana.(Mg-2)