SEBANYAK 105 calon Jemaah Haji tahun 1444H/2023M mengikuti Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten SBT M. Jen Tapinalan di aula Kemenag SBT, Sabtu (13/5).

Kamenag SBT dalam sambutannya mengingatkan, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menegaskan kewajiban mereka untuk membina, memberikan pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji, baik ketika berada di Indonesia maupun di Arab Saudi.

“Para calon jemaah haji di Kecamatannya masing-masing diharapkan untuk rutin menghadiri manasik haji yang diadakan di kantor Urusan Agama (KUA), agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Aisa Aminy Manaban dalam laporannya menjelaskan, dasar dari pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji tingkat kabupaten ini dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyediaan ibadah Haji dan umroh yaitu pasal 6 poin (b) tentang hak dan kewajiban Jemaah Haji yaitu, hak Jemaah haji untuk mendapatkan bimbingan manasik haji di tanah air.

Baca Juga: Hurasan Ingatkan Kebijakan Satu OPD, Satu Desa Binaan Jangan Sekedar Konsep

“Pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan bagi jemaah haji regular dalam melaksanakan Ibadah haji tahun 1444 H/2023 M, perlu dilaksanakan sesuai memakanisme yang dituangkan dalam Keputusan Dirjen nomor 164 tahun 2023,” katanya.

Aisa mengingatkan agar para calon jemaah haji dapat mempersiapkan mental dan fisik dengan baik, karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan stamina yang kuat ketika melakukan ritual ibadah haji seperti tawaf, sa’i atau rukun haji yang lainnya.

“Saya berharap agar bapak dan ibu sebagai jamaah haji yang sudah pasti keberangkat di tahun ini, agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan bertanya kepada narasumber bila ada hal-hal yang kurang dimengerti,” ujarnya.

Untuk diketahui, data yang diperoleh dari Kemenag SBT menyatakan, dari 105 calon jemaah haji didapatkan sebanyak 89 orang jemaah haji reguler, 12 orang jemaah haji prioritas lansia dan 4 orang jemaah haji cadangan yang akan diberangkatkan. Bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan selama dua hari. (Mg-1)