AMBON, Siwalimanews – Dipastikan Besok, Rabu (1/3) Marchel Maspaitella akan dianugerahi sebagai pimpinan pembela masyarakat adat nusantara saka mese nusa. Penganugerahan yang akan diserahkan di Kota Piru Kabupaten SBB ini, diberikan lantaran pengacara muda asal Maluku ini terus menerus membela hak-hak masyarakat adat.

Maspaitella yang dikonfirmasi wartawan di Ambon, Selasa (28/2) membenarkannya, bahkan menurutnya ini merupakan bagian dari perjuangannya terhadap hak-hak masyarakat adat di Kabupaten SBB.

“Saya tentunya menyampaikan terima kasih walaupun mengurus persoalan-persoalan seperti ini, mungkin tidak ekonomis, namun saya melihat, bahwa sebetulnya masyarakat adat sangat termarjinalkan,” ujarnya.

Maspaitella yang juga Ketua Peradi Bersatu Provinsi Maluku itu mengatakan, dirinya tetap bekerja secara profesional dengan memberikan segala kemampuan untuk memperjuangkan, sekaligus melindungi hak-hak masyarakat adat di Maluku, terutama di bumi saka mese nusa, sehingga hal inilah yang membuat dirinya akan diberikan penganugrahan tersebut.

“Bahkan dalam rapat 23 Februari 2023, ada rekomendasi untuk mengangkat saya memimpin organisasi sayap perjuangan dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) daerah saka mese nusa dikarenakan kerja- kerja yang selama ini dilakukan sangatlah memenuhi kriteria sebagai pemimpin untuk organisasi ini, seperti yang disampaikan oleh Ketua AMAN daerah SBB Salmon Salenussa,” tuturnya.

Baca Juga: Bupati: IBI Harus Jadi Garda Terdepan Layani Masyarakat

Hal senada juga di sampaikan salah satu pengurus besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang merupakan Dewan Aliansi Masyarakat adat Nusantara Nasional (DAMANNAS) Region Kepulauan Maluku dan Maluku Utara Alberth Sekeronej, bahwa oragniasasi yang dipimpinya sangat mengapresiasi kerja-kerja Maspeitella serta konsistennsinya dalan memperjuangkan serta melindungi dan mengedukasi masyarakat adat dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat, lewat jalur serta koridor hukum yang tersedia, sehingga harkat dan martabat masyarakat adat, semakin diperhitungkan oleh pemda maupun masyarakat pada umumnya.

“Sehingga rekomendasi yang telah di sepakati pengurus daerah AMAN saka mese nusa, sangat kami hargai dan kami meresponnya dan akan menindaklanjutinya ke Ketua PPMAN Maluku dan ke Ketua Umum PPMAN Pusat  Syamsul Alam,” janjinya. (S-25)