AMBON, Siwalimanews – Untuk mencegah terjadinya praktik pungutan liar, maka Polda Maluku menggelar sosialiasi Unit Pemberantasan Pungli (UPP).

Kegiatan yang berlangsung di Manise Hotel, Senin (22/11/), turut dihadiri Direktur Binmas Kombes Andy Ervyn, dan Inspektorat wilayah III Pemprov Maluku Donald Papilaya, dengan menghadirkan  sejumlah narasumber dari para pejabat instansi yang tergabung dalam tim UPP Maluku.

Irwasda Polda Maluku Kombes Edy Yudianto saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan saber pungli atau sapu bersih pungutan liar, merupakan perintah Presiden Joko Widodo dan perintah tersebut sudah lima tahun dilaksanakan.

Untuk itu, ia minta seluruh instansi yang tergabung dalam UPP Maluku, agar memperkuat sinergitas tim, sehingga pelaksanaan pemberantasan praktek pungli di wilayah Maluku dapat terlaksana secara maksimal.

“Saya harap agar semua yang tergabung dalam tim UPP Provinsi Maluku dapat bekerja dengan maksimal. Sebab, pungli adalah suatu tindakan atau perbuatan, yang selain dapat merusak tatanan sendi kehidupan, juga merugikan masyarakat bahkan, pungli juga sangat berpengaruh pada sosial budaya, masalah ekonomi hingga berdampak pada pertahanan dan keamanan bangsa,” tandasnya. (S-45)

Baca Juga: KSBSI Minta Pemkot Perpanjang Waktu Relokasi