BULA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur  akan menggelar parade Bendera Merah Putih sepanjang 79 dengan lebar 3 meter, Selasa (12/8).

Bendera akan dibawa oleh siswa mulai dari taman kanak-kanak sampai tingkat SMA menggunakan pakaian Pramuka untuk mengelilingi Kota Bula dengan cara dibentang.

Pelaksanaan Tugas Kadis Pendidikan SBT Sidik Rumalowak mengaku parade bendera merah putih digelar dalam rangka menyambut HUT ke 79 Kemerdekaan RI.

“Kami memanfaatkan momentum HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan menggelar parade 79. Kami liburkan siswa-siswi. Jadi siswa mulai dari PAUD sampai SMA itu semuanya dengan berjalan kaki mengelilingi kota Bula,” terangnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/8)

Ia mengaku bendera dengan panjang 79 meter melambang­kan usia Kemerdekaan RI itu telah selesai dijahit.

Baca Juga: Distribusi Logistik Terkendala, KPU-Bawaslu Temui Kapolda

Lanjutnya titik start dimulai di jalan protokol dan rencananya akan dilepas oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas. Peserta akan finish di lokasi yang sama ketika pelepasan.

“Ketika parade puluhan siswa mulai TK-PAUD sampai SMA/SMK yang mereka akan menyampai­kan orasi menyangkut dengan sema­ngat Kemerdekaan RI,” tandasnya.

Setelah parade selesai akan dilanjutkan dengan kemah pramuka yang melibatkan semua peserta mulai dari siswa TK-PAUD hingga tingkat SMA/SMK.

Kegiatan lainnya yang akan digelar juga doa dan dzikir bersama untuk menanamkan rasa cinta, solidaritas, dan rasa memiliki terhadap NKRI.

“Kita bersyukur karena kenapa, saat ini kita tidak sama dengan negara- negara lain yang hidupnya tidak tenang karena terjadi peperangan antara negara maupun yang lain. “Jadi wajib kita syukuri,” ujarnya. (S-27)