AMBON, Siwalimanews – Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen (AV) dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) sebentar lagi bakal berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Mudah-mudahan dapat dilakukan dalam waktu dekat,” kata Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena usai meninjau Balai Kesehatan Mata AV di Desa Passo, Kamis (13/7).

Walikota mengaku dengan status BLUD maka Balai Kesehatan Mata AV dapat melakukan pengelolaan keuangan dan manajemen secara mandiri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk optimalisasi pelayanan kepada pasien.

“Status sekarang UPTD sangat tergantung dengan dinas, tidak memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran atau keuangan,” ungkap walikota.

Padahal, keberadaan balai selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga: Salampessy  Instruksikan  OPD Proaktif Cari Sumber PAD

“Masyarakat, khsususnya kalangan menengah kebawah sangat terbantu dengan kehadiran Balai Kesehatan Mata AV. Dari segi harga, pelayanan serta peralatan juga paling baik di Provinsi Maluku,” kata walikota.

Dengan pengembangan status dari UPTD ke BLUD lanjutnya maka maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga akan semakin baik.

Untuk diketahui peninjauan kegiatan di Balai Kesehatan Mata AV hadir juga pimpinan DPRD Kota Ambon dan anggota serta sejumlah pimpinan OPD. (S-09)