BULA, Siwalimanews – Dalam rangka memeriahkan HUT Badan Amil Zakat Nasional ke-23, maka  Baznas Kabupaten SBT menggelar operasi katarak gratis yang diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu di daerah tersebut.

Operasi yang berlangsung di RSUD Bula yang berlangsung selama dua hari itu melayani warga dari berbagai kecematan.

Kepala Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur Zainudin Kelsaba kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (23/1) menjelaskan, sebenarnya kegiatan ini sudah dimulai sejak, Senin (22/1) dan direncanakan selesai pada pukul 15.00 WIT untuk tahapan skriningnya.

Namun, karena jumlah pesertanya cukup banyak dari beberapa kecematanyang tidak sempat hadir mengikuti operasi, sehingga operasi dilanjutkan pada, Selasa (23/1).

“Karena pasien-pasien ini datang di kantor mereka minta untuk kami bisa berkordinasi atau membuka ulang untuk tahapan skrining, karna itu kami lanjutkan dengan skrining, sebenarnya sejak senin itu sudah skrining 90 pasien dan hasilnya itu 31 pasien dinyatakan dapat menjalani operasi, sementara sisanya tidak bisa dioperasi,” jelas Kelsaba.

Baca Juga: Usut Aliran Dana  Sertifikasi di Malteng Sejumlah Pejabat akan Dipanggil

Kelsaba mengaku, di Selasa (23/1) terdapat penambahan 20 pasien lebih yang di skrining dan hasilnya 9 opasien dinyatakan siap untuk operasi. Itu artinya total yang menjalani operasi katarak sebanyak 40 pasien.

“Alhamdulillah kamarin sudah dioperasi katarak 15 orang, setelah diperiksa hasil operasinya cukup bagus, dan hari ini kami targetkan yang tersisa 20 orang lebih harus selesai malam ini, dan besok kita sudah bisa pastikan hasilnya,” tandas Kelsaba.(S-27)