NAMROLE, Siwalimanews – Dalam rangka menyukseskan pilkada di Buru Selatan, maka Bawaslu mulai merekrut 201 pengawas yang akan ditugas di seluruh TPS di kabupaten itu.

“Pembentukan pengawas TPS ini dasarnya adalah SK Ketua Bawaslu RI Nomor 0329 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Pengawas TPS dalam pemilihan Tahun 2020 tertanggal 29 September 2020,” jelas Kordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Bursel, Robo Souwakil kepada Siwalimanews melalui pesan WhatsAppnya, Kamis (1/10).

Bawaslu Bursel sendiri akan merekrut 201 tenaga pengawas yang tersebar di 6 kecamatan susuai dengan jumlah TPS yang ditetapkan oleh KPU.

Untuk sebarannya di Kecamatan Namrole akan ditempatkan 53 pengawas, Waesama 41 pengawas, Leksula 40 pengawas, Ambalau 20 pengawas, Fena Fafan 12 pengawas, Kapala Madan 35 pengawas, sehingga seluruhnya berjumlah 201 pengawas.

“Saya juga telah intruksikan ke panwascam yang nanti akan lakukan wawancara selain syarat normatif yang ditentukan untuk pengawas TPS, perlu digali juga kemampuan lain, khususnya aspek kepemimpinan/ketokohan, pengenalan wilayah sekitar TPS serta ketangkasan bertindak, sebab pemunggutan dan penghitungan suara harus dianggap ssbagai tahapan inti dan krusial, karena terkait hasil pilkada.

Baca Juga: Protes WIUP, ATR Demo di DPRD Maluku

“Rekruitmen kali ini juga berbeda dari sebelumnya, karena kita berada ditengah pandemi, makanya semua proses rekrutmen dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya. (S-35)