DOBO, Siwalimanews – Bawaslu Aru kembali membuka perekrutan tahap dua bagi anggota Pantia Pengawas Kecamatan untuk delapan kecamatan di kabupaten tersebut.

Ketua Bawaslu Aru Alan R Jacobus menjelaskan, sebelum perekrutan tahap dua ini dibuka, pihaknya telah menetapkan sebanyak 20 orang anggota panwascam existing.

“Namun berdasarkan pelaksanaan evaluasi existing atau evaluasi kinerja, maka diperoleh 20 peserta existing yang memenuhi syarat dan sebanyak 10 peserta yang tidak memenuhi syarat,” ungkap Jacobus kepada Siwalimanews di ruang kerjanya kemarin.

“Atas dasar tersebut, Bawaslu kemudian membuka perekrutan baru atau tahap dua untuk delapan  kecamatan,” tambahnya.

Kedelapan kecamatan yang dilakukan perekrutan baru Panwascam untuk Pilkada 2024 ini masing-masing, Kecamatan Aru Tengah kuotanya 1 orang, Aru Tengah Timur 1 orang, Aru Tengah Selatan 1 orang, Aru Selatan untuk 2 orang, Aru Selatan Timur 1 orang, Aru Selatan Utara 1 orang, Aru Utara 2 orang dan Aru Utara Timur 1 orang.

Baca Juga: Periksa 20 Saksi, Jaksa Temukan Bukti Korupsi Galian C Negeri Tiouw

“Sementara dua kecamatan yang peserta existing memenuhi syarat yaitu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru dan Sir-Sir, sehingga tidak dibukanya kembali perekrutan panwascam untuk kecamatan ini,” jelasnya.

Perekrutan Panwascam untuk Pilkada serentak tahun ini kata Jacobus, dilakukan melalui evaluasi existing atau evaluasi kinerja terhadap Panwascam Pemilu 2024, dimana, terdapat 30 Panwascam pada Pemilu 2024 yang tersebar di 10 kecamatan dalam pelaksanaan evaluasi kinerja menggunakan dua metode.

Metode pertama penilaian porto folio, dimana semua Panwascam mengisi jawaban yang telah disediakan melalui google form serta melampirkan bukti-bukti atas jawaban yang mereka isi.  Kemudian penilaian atasan langsung yakni penilaian Bawaslu terhadap kinerja peserta berdasarkan soal esay yang dikerjakan secara online.

“Untuk itu, bagi masyarakat yang mau mendaftarkan diri sebagai anggota panwascam, dapat mendatangi Kantor Bawaslu Aru guna mendapatkan persyaratannya,” ujarnya.

Ia mengaku, pendaftaran perekrutan panwascam tahap II telah dibuka sejak 3 Mei dan ini hanya dibuka selama dua hari sesuai pentahapannnya.(S-11)