MASOHI, Siwalimanews – Dalam rangka membangun silahturahmi dan konsolidasi organisasi, maka pengurus daerah PWI Maluku menyambangi yang diwakili oleh Wakil Ketua OKK Mochtar Touwe, Selasa (13/6).

Tatap muka dalam bentuk diskusi yang berlangsung di salah satu cafe di kota Masohi itu, Touwe membangun konsulidasi organisasi kepada seluruh personel PWI di kabupaten tertua di Maluku itu.

Pada kesempatan itu Touwe minta Ketua PWI Malteng bersama seluruh anggotanya untuk senantiasa menjaga harkat dan martabat organisasi dengan mengendepankan kode perilaku wartawan yang saat ini telah dirilis resmi oleh PWI sebagi himpunan pedoman operasional yang mesti ditaati seluruh anggota dalam melaksanakan tugas tugas jurnalistik.

“Dalam melaksanakan tugas wartawan anggota PWI tidak hanya memperhatikan kode etik jurnalistik, PD/PR PWI, namun kode perilaku wartawan juga telah diputuskan sebagai bentuk pedoman operasional seluruh anggota dalam melaksanakan tugas jurnalistik dimana saja,” ujar Touwe.

Kode perilaku wartawan kata Touwe, mesti ditaati sama halnya dengan kode etik jurnalistik. Karennya seluruh wartawan anggota PWI mesti melaksanakan pedoman operasional itu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Baca Juga: Dihantam Ombak, Nelayan Asal Kairatu Hilang

“Ini himpunan pedoman operasional PWI yang mesti ditaati. Tentu tujuannya adalah profesional wartawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat lebih dikedepankan agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan dalam melaksanakan kerja jurnalis,” tutur Touwe.

Selain menegaskan soal kode perilaku yang harus diutamakan, Touwe juga menyampaikan pesan Ketua PWI Maluku Alex Sariwating agar dalam tahun ini, seluruh pengurus PWI kabupaten/kota di Maluku telah devinitif.

“Pesan pak ketua agar minimal dalam tahun ini seluruh pengurus PWI kabupaten/kota di Maluku telah definitif, termasuk pengurus PWI Malteng. Jadi bangunlah kesadaran bersama, bahwa organisasi ini penting. Harus solid dan membangun tim work yang baik supaya tugas-tugas organisasi dapat berjalan sesuai harapan,” himbau Touwe.

Semetara itu Plt Ketua PWI Malteng Stewart Toisuta menyampaikan apresiasi kepada Wakil Ketua Bidang OKK PWI Maluku yang telah berkunjung ke Malteng.

“Kami mengapresiasi kunjungan abang Moh yang terus peduli dengan keberlangsungan PWI di Malteng, sebab meski agenda kunjungan berkaitan dengan tugas lain, namun karena kepedulian dan kecintaannya kepada seluruh anggota PWI di Malteng beliau boleh memberikan waktu untuk berbagi info serta harapan dan misi Ketua PWI Maluku kepada segenap anggota PWI di Malteng. Tentu kami akan berkomitmen melaksanakan seluruh tugas organisasi yang menjadi tanggung jawab kami untuk segera melaksanakan konferensi PWI di bumi Pamahanunusa ini,” tandas Toisuta.(S-17)