AMBON, Siwalimanews – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan laut (Danlantamal IX) Ambon Brigjen Said Latuconsina berjanji, pihaknya akan membina para atlet berprestasi, yang ingin menjadi prajurit TNI AL.

Hal ini disampaikan Latuconsina saat menyaksikan lomba renang yang berlangsung di Markas Lantamal Ambon, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Minggu (20/11) kemarin. Apa yang disampaikan Danlantamal ini dibuktikan dengan sejak cabor renang dipertandingkan, terlihat setiap atlet yang keluar sebagai pemenang diwawancarai dan diambil gambarnya dari berbagai sudut oleh pihak Lantamal IX atas arahan Danlantamal.

Danlantamal mengaku, para atlet ini merupakan anak-anak daerah Maluku, yang ikut ajang Popmal IV  ini usianya masih sangat muda, ada yang masih duduk dibangku pendidikan, dan ada pula yang baru tamat sekolah, itu artinya mereka ini kedepan, bisa disiapkan untuk menjadi prajurit TNI AL, jika mereka mempunyai keiginan.

“Makanya kita tanyakan, apakah punya cita-cita bergabung jadi TNI AL, dan mereka mau. Dengan itu, kita sampaikan untuk jaga kondisi kesehatan, kemudian pelajaran-pelajaran sekolah juga jangan sampai tertinggal,” ucap Danlantamal.

Danlantamal juga mengingatkan para atlet agar belajar, terutama phisiko, dan materi-materi lain yang  biasa dipakai untuk tes masuk TNI.

Baca Juga: Walikota Kagum dengan Desa Wayame

“Jadi mulai sekarang sudah harus mempersiapkan diri, sehingga saatnya nanti, bisa ikut seleksi. Jadi kalau berkeinginan, maka kita siapkan, yang di Tual kita lakukan pembinaan di Tual, demikian dengan daerah lain,” ujarnya.

Danlantamal mengaku, pembinaan akan dilakukan bagi semua atlet dari seluruh cabor, tidak hanya renang, namun semua atlet yang berkeinginan masuk bergabung sebagai prajurit TNI AL.

“Ada atlet karate, pencak silat, dan lainnya, selama anaknya punya keinginan bergabung kita persilahkan, namun akan dilihat secara fisik, kesehatannya memenuhi syarat, maka akan dilakukan pembinaan,” janji Danlantamal.(S-25)