TIAKUR, Siwalimanews – Guna mengatasi banjir, Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya akan membangun drainase di Desa Kokwari, Kecamatan Babar Timur.

Setiap musim penghujan, Desa Kokwari selalu kebanjiran sehingga pemerintah memutuskan akan membangun saluran pembawa air.
“Pembangunan itu untuk mengatakan air lewat saluran yang dikerjakan ini sehingga dapat mengurangi dampak banjir apabila terjadi hujan,” terang Kabid Sumber Daya Air Dinas PUTRPKP MBD Djufry Bonne kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Senin (21/8).

Sebelum membangun pihaknya akan melakukan survei ke lokasi untuk menentukan titik-titik lapangan yang akan dikerjakan.
“Nanti bersama kontraktornya turun menentukan titik lalu pelaksanaan mungkin satu dua hari ini,” jelasnya.

Menurut dia, pembangunan proyek drainase tersebut akan menelan anggaran sebesar Rp900 juta yang bersumber dari DAU tahun 2023.
Untuk itu ia berharap pihak ketiga yang akan mengerjakan ini harus dilakukan dengan cepat, tepat waktu dan sesuai prosedur.

“Saya berharap nantinya kontraktor bekerja dengan baik agar program pemerintah yang dilaksanakan itu dapat mengatasi masalah banjir di Desa Kokwari,” tandasnya.

Baca Juga: Kapolda Harap Masyarakat Disiplin Berlalu Lintas

Selain pembangunan drainase, pemda juga akan memperluas jaringan perpipaan sistem penyediaan air minum di Kecamatan Kisar Utara. (Mg-2).