AMBON, Siwalimanews – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas minta kepada seluruh ASN di Lingkup Kementerian Agama agar dapat menjadikan peringatan Hari Aamal Bhakti (HAB) tahun 2023 ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian kemenag terian dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. Untuk itu, seluruh ASN Kemenag harus dapat memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

“Kini Kemenag telah terlihat berubah, birokrasinya lebih lincah dan responsif. Saya yakin ini bagian dari transformasi digital. Kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kemenag dan beragam inovasi digital lainnya, mulai pusat hingga daerah, semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan

layanan kepada masyarakat,” ucap Menteri Agama dalam smabutannya yang dibacakan Sekda Maluku Sadli Ie dalam upacara HAB ke-77 yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka, Selasa (3/1).

Selain itu kata Menteri Agama, lembaga pendidikan binaan Kemenag, juga terus berprestasi di level nasional bahkan internasional. Ini bukti kemenag telah berubah. Kemenag mendapat lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 kemarin, dan itu prestasi yang harus dijaga dan tahun ini, harus lebih baik.

Dengan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, maka tugas berat mesti ditunaikan seluruh ASN Kemenag. Pasalnya, kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, bahkan kerukunan sering diuji, lebih-lebih, menjelang Pemilu 2024 nanti, maka sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional, dimana  itu membutuhkan stabilitas,

Baca Juga: Pemprov Maluku Peringati 205 Tahun Martha Christina Tijahahu

“Itu dapat terwujud semua, bila antar masyarakat itu rukun dan damai,” tandasnya.

Oleh karena itu menurut Menteri Agama, keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan masyarakat, harus terdepan membina dan membangun suasana rukun dan damai. Semangat merawat kerukunan umat, harus digelorakan seluruh ASN Kemenag.

ASN Kemenag juga harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan, karena akan mengantarkan pada Indonesia hebat, sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, kemenag tahun ini kembali mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 ASN di lingkup kemenag. Permohonan itu, telah dikabulkan presiden.

Untuk itu, pada HAB tahun 2023 ini, atas nama Presiden, diberikan penghargaan kepada 30 tahun pengabdian, bagi 936 ASN dan 20 tahun pengabdian bagi 2.860 ASN dan 10 tahun pengabdian kepada 6.277 ASN di Lingkup Kemenag.

“Terkait dengan itu, saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan semoga penghargaan ini semakin meningkatkan kinerja setiap ASN dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama,” ucapnya.(S-25)