DOBO, Siwalimanews – Kabupaten Kepulauan Aru terancam akan kehilangan transportasi udara, pasalnya landasan pada Bandara Rar Gwamar Dono kini tidak layak lagi untuk pesawat melakukan landing ataupun take Off.

Hal ini diketahui setelah pilot Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1530, registration Pk-W8Y type ATR-72 600 menyampaikan keberatan saat landing, akibat banyak kerikil disepanjang landasan (many gravels along runway surface).

Kepala operasi Bandara Rar Gwamar Dobo Richaard A Kilikily saat dikonfirmasi Siwalimanews, Selasa (30/8) membenarkannya, bahwa pihak bandara disurati secara resmi oleh Pilot Wings Air dengan flight number IW 1530, registration Pk-W8Y type ATR-72 600 menyampaikan keberatan landing, akibat banyak kerikil disepanjang landasan.

“Ini terkait dengan mengantisipasi terjadinya kecelakaan maupun keselamatan nyawa penumpang saat lakukan pendaratan, karena sepanjang runway sudah terkelupas atau kerikil sudah tercabut dan itu sangat berbahaya ketika plane landing,” jelasnya.

Ia mengaku, runway sudah waktunya dilakukan pekerjaan pelapisan lanjutan, karena sudah lima tahun lamanya. Hal ini juga sudah dikoordinasikan dengan kepala bandara yang saat ini sementara jalani masa cuti usai menunaikan ibadah haji. (S-11)

Baca Juga: KBHI: 20 Tahun Jalan Huamual  tak Pernah Diperhatikan