AMBON, Siwalimanews – Aliansi masyarakat Pemerhati Penyelenggara Pemilu di Maluku melakukan aksi demonstrasi di Kantor KPU Maluku yang berada di Jalan Sultan Hassanudin, Kota Ambon, Senin (26/2).

Kedatangan massa dari Aliansi masyarakat Pemerhati Penyelenggara Pemilu ini guna medesak KPU Maluku, untuk dapat memperhatikan nasib dan kesejahteraan para anggota KPPS dan PPK, khususnya yang ada di Maluku.

“Saya selaku perwakilan rekan-rekan saya yang hadir pada siang ini, minta pihak KPU baik pusat maupun daerah untuk dapat memperhatikan nasib para anggota KPPS dan PPK, khususnya yang ada di wilayah Maluku,” pinta Isye Muryani dan  Ona Leunupun dalam orasi mereka.

Menurut keduanya, anggota KPPS maupun PPK merupakan pahlawan demokrasi, yang punya peran penting, sehingga layak untuk diperhatikan.

“Kami rela tinggalkan anak dan keluarga kami berhari-hari untuk kepentingan bangsa dan negara, kami luangkan segenap tenaga dan waktu kami dengan ikhlas agar proses pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar di wilayah Maluku yang kita cinta,” ujar Isye.

Baca Juga: Tak Penuhi Qorum Pleno KPU Aru Ditunda

Mewakili rekan-rekan KPPS dan PPK, keduanya berharap agar, nasib mereka dapat diperhatikan oleh KPU Maluku maupun KPU RI.

“Kami mau sampaikan, kami rela tinggalkan semuanya agar proses pemilu di setiap TPS berjalan dengan baik dan lancar. Meski sakit para anggota KPPS dan PPK di setiap wilayah di Maluku tetap siap untuk bekerja, bahkan ada yang sampai meninggal dunia saat menjalankan tugasnya,” ujar mereka.

Setelah melakukan orasi beberapa menit, Komisioner KPU Maluku Engelbertus Dumatubun menemui para demonstran sekaligus menerima tuntutan massa yang kemudian akan ditindaklanjuti ke KPU RI.

“Ini akan menjadi masukan juga bagi kami dan kami akan menindaklanjuti apa yang menjadi harapan bapak dan ibu semua ke KPU pusat dan kami sangat berharap apa yang bapak dan ibu sampaikan dapat tercapai dan terakhir dari kami ucapan terima kasih juga karena aksi bapak dan ibu semua siang ini dalam damai, olehnya itu kami sampaikan selamat kembali ke rumah masing-masing dengan tertib juga dan sampai dengan selamat,” ucap Dumatubun.(S-10)