AMBON, Siwalimanews – Abu Walalin, nelayan asal Kota Tual yang pergi melaut dan dilaporkan perahu yang ia gunakan mengalami mati mesin di perairan Kepulauan Kei, Minggu (5/9), berhasil dievakuasi tim SAR gabungan setelah mendapat informasi tersebut.

“Walalin berhasil ditemukan dalam keadan selamat dan selanjutnya dievakuasi ke daratan,” ungkap Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, sesaat setelah ditemukannya korban, Senin (6/9)

Informasi hilangnya nelayan asal Kota Tual ini kata Mustari, diketahui setelah keluarga korban melapor ke Tim SAR Tual. Dalam laporan tersebut, diketahui korban melaut sejak pukul 10.00 WIT menggunakan perahu katingting disekitar perairan Pulau Dua, Kabupaten Maluku Tenggara, namun hingga pukul 19.40 WIT belum juga kembali.

“Berdasarkan info tersebut tim gabungan yakni Tim Rescue Pos SAR Tual dan Bakamla Tual dikerahkan menuju koordinat yang diduga lokasi hilangnya korban dengan menggunakan KN Catamaran 507,” jelas Mustari.

Selama beberapa jam pencarian, korban berhasil ditemukan terombang-ambing pada koordinat 5°33.528′ S – 132°34.866′ E, yang masih di Perairan Pulau dua. Korban selanjutnya dievakuasi dan tiba Senin dini hari.

Baca Juga: Jeffry Resmi Sandang Pangkat Letnan Jenderal

“Korban ditemukan sekitar pukul 23.55 WIT, dugaannya mati mesin, dan sekitar jam 3 dini hari tadi, Tim SAR Gabungan tiba dan sandar di Pelabuhan PSDKP TUAL beserta korban dalam keadaan selamat dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga,” pungkasnya. (S-45)