NAMLEA, Siwalimanews – Aktin FC meraih juara pertama Piala Raja Cup I setelah keluar sebagai pemenang dengan mengkandaskan Rizal beratnya Ketapang Kencana FC dengan skor 3-1 dalam pertandingan futsal yang berlangsung di Lapangan Pattimura, Namlea Rabu sore (6/1).

Pantauan Siwalima, pertandingan yang berlangsung 2 x 20 menit itu, kedua tim bermain dalam tempo tinggi walaupun di bawah guyuran hujan deras. Saling serang  kedua tim terlihat silih berganti.

Beberapa kali tercipta peluang diantara kedua tim,  namun penjaga gawang keduanya mampu menyelamatkan gawang mereka masing-masing dari kebobolan.

Lima menit jelang babak pertama berakhir,  Aktif FC mampu menekan Ketapang Kencana FC, dan terjadi dua gol secara beruntun. Sampai wasit meniup peluit panjang  babak pertama berakhir  skor masih tetap 2-0 masih milik Aktif FC.

Memasuki babak kedua,  Ketapang Kencana FC yang tertinggal mencoba bangkit dengan menguasai jalanya laga. Mereka bermain lebih agresif.  Jantung pertahanan Aktin FC terus digempur.

Baca Juga: Tiga Siswa SMP Kartika Ukir Prestasi di Tingkat Dunia

Beberapa kali peluang nyaris tercipta namun kesigapan kiper Aktif FC membuat gawangnya selamat dari kebobolan.

Usaha Ketapang Kencana FC untuk mengejar ketertinggalan membuahkan hasil dan mereka berhasil menaklukan penjaga gawang dari Aktif FC.

Papan skor pertandingan berubah 2-1. Aktif FC memimpin dengan keunggulan 2 sedangkan Ketapang Kencana FC hanya 1.

Masih tertinggal satu gol,  Ketapang Kencana FC terus bermain menekan. Strategi pelatih untuk mengurung kotak pinalti Aktif FC ternyata tidak membuahkan hasil.

Justru Aktin FC berhasil men­-curi peluang dengan menambah lagi 1 gol di tambahan waktu normal atau dua menit jelang pertandingan berakhir. Skor akhirnya berubah menjadi 3-1. Posisi ini bertahan sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Sebelum pergulatan partai final,  dua hari sebelumnya telah dipe­-rebutkan posisi ketiga yang diraih Wayasel FC setelah menghem­pas­kan Simpanglima FC yang menempati posisi keempat.

Dalam pertandingan sore tadi,  sempat dilakukan dua kali pertandingan eksebisi antara tim DPRD Maluku cs tim DPRD Buru yang berkesudahan 6-0.

Namun tim DPRD Maluku yang tampil dieksebisi kedua,  harus menyerah kalah saat berhadapan dengan Tim Bupati Buru dengan skor 3-5.

Selain mengikuti eksebisi,  Bupati Buru,  Ramly Ibrahim Umasugi turut menonton puncak final dan berkenaan menyematkan medali dan memberi Piala Raja Cup I kepada Aktin FC.

Usai pertandingan, Raja Petuanan Kudeta, Aziz Hentihu kepada awak media,  menyampaikan rasa syukurnya, karena kompetisi dapat berjalan baik denfan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah,  setelah menjalani kompetisi yang panjang, futsal Piala Raja Cup ini bisa diselesaikan dengan baik. Tadi pemenangnya adalah Aktin FC dan pemenang kedua Ketapang Kencana FC,” tutur Aziz.

Aziz yang juga anggota DPRD Maluku lebih jauh menjelaskan,  kompetisi Ini sengaja diadakan untuk menghimpun dan menciptakan wadah bagi pemain-pemain sepakbola, bakat-bakat yang ada di Bumi Bupolo. “Tentu saja Pemkab Buru selalu saja melakukan itu dan beta turut mengambil inisiatif untuk juga melaksanakannya,” jelas Aziz.

“Tentu saja sepakbola ini penting, disitu ada selain semangat juang untuk kemenangan dalam kompetisi,  juga ada nilai-nilai sosial, yang belum mengenal jadi saling mengenal dan sebagainya,” sambung Aziz.

Kata Aziz, kalau sepakbola pada saat ini sudah menjadi sebuah industri yang meendunia dan tentunya bagi pemain-pemain muda kompetisi seperti ini akan menjadi wadah untuk mengembang dan mengasah kemampuan mereka.

“Bila berkembang baik, penghidupan mereka bisa dari sepakbola. Yang penting bisa dikelola dengan baik. Insya Allah ke depan kita akan melaksa­nakan  kompetisi yang sama jilid dua,” tutupnya. (S-31)