AMBON, Siwalimanews – Akibat gempa dengan magnitudo 7,9 yang melanda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menyebabkan sabuah pulau baru yang muncul di kabupaten tersebut, tepatnya di Desa Taneman Wuarlabobar, Kecamatan Tanimbar Utara.

Kades Tanamen Eric Uwuratuw dalam video berdurasi satu menit yang juga diperoleh Siwalimanews disebutkan akibat dari gempa yang melanda KKT pada, Selasa (10/1) dini hari, sehingga menuculnya, sebuah pulau baru ini, sehingga membuat masyarakat takut.

“Untuk itu saya selaku penanggungjawab di desa ini, maka saya menginstruksikan semua warga untuk mengungsi sementara waktu karena kejadian aneh ini yang mengakibatkan masyarakat ketakutan,” ucap Uwuratuw.

Uwuratuw juga minta atas nama warga Desa Tanamen kepada Pemkab KKT maupun Pemerintah Provinsi Maluku untuk menindaklanjuti keanehan ini, sehingga dapat menenangkan warga desa.

Baca Juga: Anaknya Nyaris Tewas Dianiaya, Malaiholo Minta Majelis Hakim Tegas

Sementara itu Akademisi Unpatti DR Ferad Puturuhu menjelaskan, berdasarkan teori pembentukan ini, diakibatkan tumbukan lempeng yang menyebabkan magma naik ke permukaan dan membentuk pulau. “Di beberapa negara pernah terjadi seperti itu, jadi saya mencurigai yang muncul itu adalah magma akibat tunjaman lempeng benua yang masuk ke lempeng samudera pada Banda datasmen,” ujar Puturuhu (S-06)