AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 982 orang calon siswa (Casis) Bintara Polda Maluku menjalani tes Akademik menggunakan sistem Computer Assisted Test.

Tes CAT Akademik diselenggarakan di sejumlh sekolah seperti SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMP Kristen dan SMP Negeri 19 Ambon. Casis akan dibagi dalam empat kelompok dan empat gelombang saat tes nanti.

“982 peserta yang ikut tes cat akademik dibagi empat sekolah dan dibagi juga 4 gelombang,” kata Panitia Sekretariat Rim Terpadu Panda Maluku, Kompol Murni Hamsa, Rabu (22/5).

Dirinya menjelaskan, 982 casis Bintara itu terdiri dari Bintara PTU sejumlah 920 orang, Bakomsus Hukum 4 orang,  Bakomsus Kehumasan/TI 3 orang, Bakomsus Pariwisata 1 orang, Bakomsus Nakes 10 orang dan Rekpro Bintara 44 orang.

“Tes CAT Akademik diawasi langsung oleh pengawas internal Polda Maluku maupun eksternal. Pelaksanaan tes dilakukan secara transparan. Semua hasil yang dicapai langsung terpampang dan bisa dilihat oleh satu sama lain antara peserta,” urainya.

Baca Juga: Jaksa Temukan Bukti Korupsi, Kasus ADD-DD Tiouw Naik Penyidikan

Menurutnya, bila ada ketidaksesuaian setiap peserta bisa langsung komplain kepada panitia seleksi saat itu juga.

“Polda Maluku juga mengingatkan kepada semua orang tua maupun peserta agar jangan sampai menjadi korban penipuan dari orang-orang yang menjanjikan bisa memasukkan anaknya menjadi anggota Polri,” ingatnya.(S-10)