NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan melalui Dinas Kominfo saat ini sementara berkonsultasi untuk pengaktifan 60 tower Bakti yang tersebar di seluruh desa di kabupaten itu.

“Terkait dengan 60 Tower Bakti dan repieter itu target kami atau MoU yang terbangun itu bulan Maret ini sudah selesai dan sudah bisa On air, cuma ada beberapa tower yang terkendala, terutama di kecamatan Kepala Madan, Desa Pasir Putih karena harus dibangun talud sedangkan di Kecamatan Fena Fafan untuk mencapai ke sana itu medannya agak sulit,” ungkap Plt Kadis Kominfo Rudi Hartono kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/3).

Kondisi ini kata Hartono, mirip dengan di Kecamatan Ambalau, khususnya di Desa Lumoy. Disana juga harus repieter, namun terkendala anggaran maka dibangun tower dengan ketinggian sekitar 70 meter.

Ia mengaku, pihaknya saat ini sementara mendorong pihak pekerja untuk mepercepat pembangunan tower itu sehingga dapat terintegrasi.

“Jadi kami dorong supaya bisa on air di bulan ini. Saya sementara berkoordinasi dengan Ibu bupati sekaligus penandatangan pinjam pakai lahan, dalam hal ini lahan masyarakat yang diberikan ke pemkab lewat Dinas Kominfo,” tuturnya.

Baca Juga: Kafilah Malteng Dingatkan Hormati Tradisi Warga KKT

Menurutnya, dalam pembangunan BTS atau tower ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat, mengingat masyarakat Bursel yang berada jauh dari kota/kabupaten dengan rentan kendali yang begitu sulit, sangat mendambakan kehadiran tower dari Kementerian Kominfo itu.

“Sebelum pembangunan tower ini ada dua hal yang menjadi syarat dasar yang pertama pemda siapkan lahan yang dihibahkan oleh masyarakat, yang kedua itu proses ijinnya harus diperlancar. Semua ini demi kepentingan masyarakat, makanya meskipun ada hal-hal kecil tetapi pemerintah berkomitmen supaya bisa on air,” ujarnya.

Hartono mengaku, dalam pendistribusian bahan pembangunan tower juga sedikit terkendala, dalam hal ini ada penyalurannya salah tempat, karena pihak ketiga menggunakan jasa peta internet untuk pendistribusian bahan-bahan.

“Dalam penyaluran terkadang ada pergeseran, dan akibatnya ada keterlambatan, tapi selain dari itu selama ini tidak ada masalah yang berat karena masyarakat di Bursel sangat mendambakan pembangunan tower, sebab kehadiran tower ini sangat membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi, sosial, pendidikan dan lain sebagainnya,” pungkasnya. (S-16)