AMBON, Siwalimanews – 500 pegawai Alfamidi yang berada di Kota Ambon melakukan vaksinasi yang bertempat di Puskemas Passo, Rabu (5/5).

“Hari ini (red kemarin) di Passo untuk karyawan alfamidi sekitar 500-an, tadi saya dari sana yang sudah mendaftar dan telah dibaksin totalnya sekitar 200-An,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepda wartawan usai mengikuti kegiatan Safari Ramadhan di Dusun Taeno, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (5/5).

Dirinya mengungkapkan, langkah tersebut bertujuan untuk memberi kekebalan tubuh bagi mereka (pegawai alfamidi) sebab mereka melayani masyarakat.

“Karena mereka kan berhubungan langsung dengan masyarakat kan lebih sering, jadi mengurangi untuk keterpaparan mereka, sehingga mereka sudah ter vaksinasi, kemudian sudah bisa memberi pelayanan,” jelasnya.

Dirinya mengaku sampi dengan saat ini yang tervaksin ASI untuk masyarakat Kota Ambon, belum mencapai Heard Coummunity. Sebab, sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI harus mencapai 75 persen.

Baca Juga: Pasar Murah Mobile Sasar 35 Titik

“Vaksinasi sampai sekarang itu, 35.704 orang yang divaksin itu sampai kemarin,” bebernya.

Untuk lansiran sendiri masih berada di angka 8.490 orang, alias 37,6 persen. “Kita berharap lansia seluruhnya dapat menerima vaksinasi,” katanya.

Pelupessy beralasan, Lansia harus menjadi prioritas lantaran usia tersebut rentan terhadap penyakit apa pun termasuk terpapar Covid-19.

“Karena masuk di da kelompok rentan yang mudah terpapar terkena Covid seperti itu,” ungkapnya.

Untuk menghindari penghindaran dari lansia, diriny menambahkan pihaknya telah memasang strategi guna menjalankan vaksinasi kepada lansia yakni dengan mendirikan pos-pos dikecamatan.

“Kami siap untuk melakukan kunjungan rumah. Nanti kita mungkin, selesai lebaran kita lebih fokus, bahkan sudah buka beberapa pos di kecamatan-kecamatan,” ulasnya.

Dirinya mengakui, animo masyarakat memang masih kurang terkait dengan vaksinasi, namun itu menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya untuk terus menjalankan tugas, menjaga imunitas masayrakat terlebih lagi lansia. (S-52)