CLOSE AD

Dinsos PKH Tahap I Mulai Dicairkan

AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Sosial Maluku, Sartono Pinning memastikan, penyaluran tahap pertama Program Keluarga Harapan (PKH) telah disalurkan kepada seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) di Maluku.

“Terakhir diserahkan saat kami bersama bapak gubernur di Kabupaten SBT, dan peyerahan di beberapa tempat yang sudah kita bayarkan selesai,” jelas Pinning kepada wartawan Islamic Center, Rabu (26/2/).

Dikatakan, total PKH yang diserahkan untuk tahap pertama mencapai 94-95 ribu KPM di 11 kabupaten/kota Maluku.

Setiap penerima program ini kata Pinning, mendapatkan uang bervariasi tergantung jumlah komponen yang diterima. Karena dalam satu KPM bisa menerima beberapa komponen dengan maksimal empat.

“Setiap komponen penerima itu bervariasi. ada yang perkomponen Rp 2 juta, ada perkomponen sekitar Rp 600-700 ribu. Jadi komponen itu ada anak sekolah SD, SMP dan SMA, kemudian ada ibu hamil, balita, disabilitas dan lansia,” jelasnya.

Ditanya presentasi keseluruhan KPM yang sudah menerima bantuan program ini di tahap pertama, ia tidak mengetahui pasti.

“Saya belum staf, tetapi rata-rata sudah tersalurkan untuk tahap pertama karena proses penyaluran dilakukan sejak awal bulan Februari,” tegasnya.

Sebelum dana dini dicairkan  kepada KPM, tim terlebih dahulu melakukan verifikasi data yang masuk dari 11 kabupaten/kota.

“Mulai akhir tahun 2019, kita sudah selesai melakukan verifikasi, jadi begitu masuk tahun 2020, diawal Febuari penyaluran tahap pertama sudah disalurkan,” tandasnya.

Ditambahkan kalau pihaknya bersyukur tidak ada masalah selama proses pencairan karena sebelum melakukan pembayaran kita verifikasi untuk memastikan KPM tepat sasaran. Apalagi program ini dilakukan secara rutin, jadi tidak ada hambatan selama penyaluran.  (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *