AMBON, Siwalimanews – Kepala Bagian Kepegawaian Sumberdaya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno menjanjikan pelaksanaan diklat prajabatan akan dilaksanakan dalam tahun 2021.

Dirinya mengatakan, untuk mendapat surat keputusan (SK) pengangkatan dari 80 persen menjadi 100 persen calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang saat ini telah beraktifitas dibawah lingkup pemerintah Kota Ambon, perlu melakukan prajabatan.

“Proses itu harus melalui mekanisme prajabatan agar mereka bisa diangkat jadi pegawai negeri sipil (PNS),” ungkap Selanno, kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Rabu (5/5).

Dirinya mengungkapkan ditahun 2021 ini pihaknya akan berupaya untuk melaksanakan diklat prajabatan pada 189 CPNS yang telah menjalankan amat tugas negara hampir dua bulan di lingkup Pemkit Ambon.

Ditambahkan, tak hanya 189 CPNS, namun 158 CPNS yang dilantik pada tahun 2018 lalu juga akan diikuti sertakan dalam pelaksanaan prajabatan dimaksud.

Baca Juga: Kader Sebut PDIP Dirugikan

“Ditahun 2021 ini, baru jalan (Diklat Prajabatan) untuk CPNS yang di lantik di tahun 2018 dan 2019,” bebernya.

Ditanya terkait dengan alasan, dirinya mengungkapkan pandemik Covid-19 menjadi alasan utama sehingga  proses prajabatan CPNS 2018 dilaksanakan secara serentak ditahun ini.

“Untuk yang 2018 itu belum karena kemarin kita pandemik di 2020 itu, balai diklat juga dipakai sebagai RS jadi memang belum sempat prajabatan,” ujar Selanno.

Dirinya menegaskan, di tahun 2021 pelaksanaan prajabatan akan dilaksanakan namun tetap akan disesuaikan dengan hasil keputusan dari Balai Diklat. “Tergantung diklat di Provinsi,” tandasnya. (S-52)