AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 413 Jamaah Calon Haji Kota Ambon mulai mengikuti manasik haji, dimana dalam kegiatan ini setiap JCH akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan seperti, rukun haji, persyaratan wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu, para JCH juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, Sa’i, Wukuf, lempar Jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Kegiatan manasik ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena didampingi, Kepala Kantor Kemenag Ambon, dihalaman Asrama Haji Waiheru, Kota Ambon, Selasa (6/6)

Walikota dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur, karena pada akhirnya untuk kedua kalinya secara berturut-turut kerinduan umat Islam untuk menunaikan Ibadah Haji di tanah Suci Mekkah dapat terpenuhi setelah melewati pandemi Covid- 19 beberapa tahun yang lalu.

“JCH Ambon akan diberangkatkan pada 15 Juni menuju tanah suci Mekkah, mengingat esensi pentingnya persiapan sebelum keberangkatan, maka Pemerintah kota Ambon berupaya memfasilitasi para JCH melalui beberapa kegiatan sebelum kegiatan pelatihan,” ungkap walikota

Baca Juga: Rekrut Tenaga Honor Baru, Dishub Dinilai Diskriminasi

Walikota mengaku, bagi JCH telah melakukan pemeriksaan kesehatan, kemudian rangkaian kegiatan ritual yang lain dan hingga saat ini masuk pada manasik.

Pemkot bersama dengan Kemenag Kota Ambon melaksanakan manasik haji sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dirinya memberikan apresiasi dan berterima kasih, atas terlaksananya pelatihan bimbingan manasik haji yang dilakukan di hari ini.

“Selaku Penjabat Walikota Ambon sangat bersuka cita, karena dapat bertemu dan bersilaturahmi, dengan seluruh JCH Kota Ambon tahun 2023 dan nanti bapak/ibu dapat mengikuti, bimbingan dan pelatihan manasik haji, sebagai salah satu rangkaian penyelenggaraan ibadah haji,” ucap walikota.

Menurut walikota, penyelenggaraan ibadah haji menjadi tugas nasional dan tanggung jawab pemerintah secara berjenjang hingga ke tingkat daerah, sehingga Pemkot Ambon turut memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji di Kota Ambon dapat terlaksana dan terlayani secara baik.

Untuk itu, dalam rangkaian fasilitasi penyelenggaraan ibadah haji, Pemkot terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kota Ambon melaksanakan bimbingan dan pelatihan manasik haji. Dengan semakin baiknya kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan Kementerian Agama kota Ambon kepada para JCH, tentunya akan sangat membantu peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, khususnya bagi CJH asal Kota Ambon.

“Selaku pejabat Walikota Ambon saya ingin berpesan kepada para CJH agar mulai hari ini dapat mempersiapkan diri dengan sebaik- baiknya. Senantiasa jaga kesehatan, jaga pola hidup bersih, tetap sehat jaga kebugaran tubuh walaupun ada yang sudah diusia lanjut,” pesan walikota.(Mg-1)