AMBON, Siwalimanews – 3.500 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Ambon menerima bantuan dari Presiden, Joko Widodo. Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy usai acara serimonial peringatan HUT Kota Ambon ke-445 yang dilaksanakan di Lapangan Tahapary Polda Maluku Senin (7/9).

“Kita sudah usulkan kurang lebih 20.000 UMKM. Namun, yang sudah direalisasi itu sebanyak 3.500. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bantuan itu turun lagi,” ujar Walikota.

Dirinya mengungkapkan, selu­-ruh UMKM yang telah dimasuk­kan datanya sudah sesuai dengan alamat tempat mereka tinggal atau lokasi membuka usaha. Jumlah dana yang diterima oleh masing-masing sebesar Rp 2,4 juta rupiah.

Selain itu juga Kepala Dinas Koperasi Marthin Keiluhu yang ditemui wartawan usai mengikuti upacara memperingati HUT Kota ke-445 mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan kurang lebih 19.783 calon penerima yang langsung diusulkan ke pusat.

“Nanti kementerian yang langsung seleksi,” tuturnya.

Baca Juga: Rumah Warga OSM Ludes Terbakar

Diakuinya, melalui Bank BRI dana yang diperuntukan bagi pelaku usaha mikro tersebut dananya sudah masuk dan yang baru masuk sebanyak 3.503 dan dalam minggu ini sudah dapat diproses pencairannya.

“Nanti diverifikasi dulu dipusat baru kita ikuti langkah-langkah selanjutnya,” tandasnya.

Ditambahkannya, nantinya setelah ini masih ada pengiriman-pengiriman berikutnya sampai dengan akhir September, sehingga saat ini pihaknya sementara menunggu karena proses seleksinya dipusat, pemkot dalam hal ini dinas terkait hanya dapat menunggu prosesnya saja.

“Bantuan tersebut merupakan bantuan presiden produktif untuk pelaku usaha mikro dan kami akan mengusahakan dalam minggu ini sudah dapat dicairkan oleh BRI,” tegasnya. (Mg-6)