AMBON, Siwalimanews – Diagendakan 19 Oktober mendatang, KPU Kota Ambon akan menggelar  debat terbuka calon Walikota-Wakil Walikota Ambon untuk Pilkada tahun 2024, akan dilakukan sebanyak tiga kali.

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud, dalam rilisnya, Kamis (10/10) mengatakan, debat terbuka pertama akan dilakukan pada tanggal 19 Oktober, 26 Oktober debat kedua dan debat ketiga ditanggal 2 November 2024.

Namun soal lokasi debat, menurut Kaharudun, masih akan diinfokan nanti.

“Terkait debat ini, kita telah membentuk tim perumus yang diisi mantan komisioner KPU Maluku Hanafi Renwarin, akademisi fakultas hukum Unpatti Dr. Jemmy Pietersz dan Dr Djufri Rais Pattilouw. Mereka akan bekerja sesuai petunjuk teknis (Juknis) nomor 1363 mereka akan mendesain konsep debat seperti apa,” jelasnya.

Sementara untuk panelis, Kaharudin mengaku, ada enam panelis disiapkan  yang berasal dari berbagai unsur, yakni profesional, akademisi dan tokoh masyarakat. Mereka merupakan orang-orang yang pakar dibidang masing-masing tentunya.

Baca Juga: Patroli Siber, Polisi Sasar Black Campaign di Medsos

“Karena kemudian ada isu-isu terkait dengan tema debat pertama, kedua dan ketiga akan dirancang, didesain oleh tim perumus. Debat pertama dan kedua akan disiarkan live streaming, debat ketiga baru disiarkan oleh lembaga penyiaran,” ungkapnya.

Untuk debat pertama, tambah Kahar, merupakan debat khusus untuk empat calon Wakil Walikota, debat ketiga hadirkan calon Walikota. Sedangkan debat terakhir akan hadirkan keempat pasangan calon Walikota-Wakil Walikota.(S-25)