14 ABK Tug Boat Jalani Rapid Test di Aru

DOBO, Siwalimanews – 14 ABK Tug Boat Manunggal 01 yang baru tiba dari Ambon di Dobo menjalani rapid test yang dilakukan oleh tim kesehatan Gugus Tugas Aru, Jumat (19/6).

14 ABK ini tiba dengan tug boat yang membawa material pekerjaan talud pengaman pantai di Desa Wangel Kabupaten Aru, hari ini dan bersandar di Dusun Belakang Wamar Desa Durjela.

Juru Bicara Tim Gustu Aru, Fredik Hendrik menjelaskan, bukan saja 14 ABK Tug Boat Manunggal 01, namun ada juga 5 lainnya merupakan operator dum truk dan operator eksapator.

“Mereka ini akan jalani rapid test, karena mereka tak ada yang kantongi surat hasil rapid test dari Ambon. Ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Gustu (patroli laut) Kanal Aru, UPP Pelabuhan Yos Sudarso Dobo dan BPBD Aru,” jelas Hendrik kepada Siwalimanews disela-sela pemeriksaan kesehatan para ABK tersebut.

Menurutnya, dari seluruh ABK dan penumpang tug boat ini, memang ada beberapa orang yang kantongi surat-surat tersebut, namun sudah kadaluwarsa karena tertanggal 29 Mei 2020.

Oleh sebab itu, mereka tetap menjalani rapid test, Jika hasil rapid test mereka reaktif, maka mereka akan menjalani karantina terpusat di SMPN 1 Dobo sesuai arahan Ketua Gustu Aru Johan Gonga.

“Saya rasa ini merupakan kelalaian dari pihak perusahaan yang tidak jalankan protokol kesehatan yang benar kepada karyawannya sendiri sebelum berangkat menuju ke daerah lain,” ucap Hendrik. (S-25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *