AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 12 peserta Uji Kompetensi Wartawan yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Maluku lulus ujian dinyatakan kompeten.

UKW yang digelar di Kantor PWI Maluku 1 – 2 Desember 2023 merupakan angkatan IX yang di selenggarakan oleh PWI Maluku. Terdapat dua penguji yang dihadirkan untuk melakukan ujian kepada 12 peserta yang dibagi menjadi dua kelas.

Penguji tersebut masing masing Suwardi Thahir dan Nur Rohim yang merupakan perwakilan dari PWI Pusat. Dalam ujian tersebut para peserta diwajibkan mengikuti 10 sesi tes guna mengukur kompetensi wartwan dari berbagai segi.

Penilaian pun tak main main, peserta diharuskan memperoleh nilai lebih dari 60 untuk bisa dinyatakan lulus.Dengan ketentuan, salah satu dari 10 sesi yang diikuti, apabila nilainya dibawah 70, maka dengan otomatis tidak dinyatakan lulus atau berkompeten.

Hanya saja dengan ketatnya penilaian, seluruh peserta angkatan IX bisa melaluinya dengan hasil gemilang. Kelulusan 12 perserta itu diumumkan langsung oleh penguji Nur Rohim dalam acara penutupan.

Baca Juga: Ini Janji Walikota ke Warga Rutong

“Saya sudah koordinasi dengan Dewan Pers terkait  UKW yang dilaksanakan hari ini, dengan hasil gemilang dimana seluruh peserta dinyatakan kompoten,” ujar Nur Rohim.

Ditempat yang sama Ketua PWI Maluku Alex Sariwating merasa terharu, menurutnya dengan perjuangan panjang, uji kompentesi pertama dimasa jabatannya dapat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, uji kompetensi merupakan syarat utama bagi wartawan untuk menuju dunia jurnalistik yang berintegritas.

“Kedepan setiap wartawan harus memiliki sertifikasi untuk dapat melakukan peliputan, ini saya dorong dimasa jabatan saya agar wartawan di Maluku terutma anggota PWI terintegritas dan memiliki kompetensi,” tandasnya.(S-10)