AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Maluku Anos Yermias, minta Pemerintah provinsi Maluku, mempercepat realisasi belanja APBD perubahan tahun 2024.

Pasalnya, DPRD bersama pemprov telah menetapkan APBD perubahan tahun anggaran 2024, dimana terdapat kenaikan pada pendapatan maupun belanja yang cukup signifikan.

Belanja daerah pada APBD 2024 mengalami kenaikan sebesar Rp60.755.490.320 dari APBD murni yang menuntut adanya percepatan dalam realisasi program dan kegiatan.

“Pasca evaluasi nanti oleh Kemendagri, maka pemprov sudah harus segera merealisasikan belanja daerah melalui program dan kegiatan,” tegas Anos kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (18/9).

Apalagi kata Anos, waktu pelaksanaan kegiatan yang direncanakan dalam APBD perubahan sangat terbatas, karena tinggal tiga bulan saja tahun anggaran 2024 berakhir, maka dibutuhkan percepatan dalam pelaksanaan program.

Baca Juga: Miris, Maluku Nyaris tak Kantongi Medali Emas di PON XXI

Selain itu, kenaikan tersebut dapat diarahkan untuk belanja yang memiliki manfaat langsung kepada masyarakat di penghujung tahun anggaran.

“Penggunaan belanja daerah pada tahun 2024 harus menekankan pada prinsip efektivitas dan efisiensi belanja daerah, sehingga berdampak positif kepada masyarakat Maluku.

“Kita tentu berharap seluruh OPD segera melakukan percepatan pelaksanaan anggaran kegiatan tanpa mengabaikan kualitas dari program,” tandas Anos. (S-20)