KETUA DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Watubun mengingatkan seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota mengedepankan upaya mitigasi bencana.

Peringatan ini disampaikan Watubun merespon isu bencana megathrust yang berpotensi terjadi dimana Maluku menjadi salah satu wilayah terdampak.

Watubun mengungkapkan potensi bencana megathrust telah menjadi isu yang masif berkembang ditengah masyarakat.

Isu tersebut kata Watubun secara tidak langsung telah menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat khususnya yang masuk dalam daerah terdapat seperti di sekitar laut Banda.

“Memang infomasi bencana megathrust ini sudah menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat maka Pemerintah Daerah harus mengambil peran untuk melakukan upaya mitigasi,” ujar Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (29/8).

Baca Juga: DPRD Ingatkan Pemprov Selesaikan Anggaran Pengamanan Pilkada

Seluruh perangkat penanggulangan bencana menurut Watubun sudah harus disiapkan sedini mungkin guna meminimalisir dampak dari bencana.

Selain itu pemerintah daerah harus lebih masif melakukan sosialisasi dampak bencana kepada masyarakat sehingga merendam kekhawatiran yang berlebihan.

“Ini soal alam artinya orang atau lembaga resmi boleh memprediksi tetapi tergantung situasi nanti seperti apa, jadi masyarakat harus antisipasi dini,” pungkasnya.(S-20)