PENJABAT Walikota Ambon, Dominggus Kaya memberikan ultimatum kepada pimpinan OPD untuk segera mengajukan laporan pertanggungjawaban keuangan semester I tahun 2024.

Walikota Ultimatum Laporan Pertanggungjawaban Pimpinan OPD. Tidak tanggung-tanggung, Kaya memberikan batas waktu kepada pimpinan OPD agar segera memasukan Laporan tersebut paling lambat sampai Selasa 30 Juli.

“Saya ingatkan kembali lagi untuk segera memasukan laporan pertanggungjawaban semester. Dari sekian banyak OPD mungkin baru sekitar 4 OPD saja yang sudah serahkan laporan, “ungkap Kaya saat menggelar Apel pagi di Ruangan ULA, Gedung balai Kota Ambon, Senin (29/7).

Laporna pertanggungjawabn, lanjut Kaya harus segera dimasukan karena hal itu nantinya bisa berpengaruh pada kinerja kedepannya. Apalagi semua laporan pertanggungjawaban keuangan terbaca secara sistem sehingga apabila salah satu OPD yang tidak mengajukan laporan maka akan berimbas kepada seluruh OPD.

“Filosofinya, nila setitik merusak susu sebelanga. Jadi jangan karena satu punya perbuatan, semua kena dampak, “tuturnya.

Baca Juga: Pemda Target 55.338 Anak Ikut PIN Polio

Menurut Kaya, apabila ada yang terlambat menyerahkan Laporan tersebut maka sudah tentu maka akan berdampak pada penundaan Dana Alokasis Umum (DAU).

“Ini kan bisa berpengaruh kemana-mama. Jadi kalau nanti gaji terlambat, jangan salahkan siapa-siapa karena itu tergantung dari kinerja kota sendiri. Laporan Pertanggungjawaban keuangan terlbat masuk, bisa berakibat sampai ke DAU dan pasti berpengaruh sampai ke Gaji, “jelasnya.

Untuk itu, ia menginstruksikan kepada pimpinan OPD dan ben­dahara untuk segera menyelesaikan dan menyerahkan laporan pertanggungjawaban secara leng­kap. Namun apabila ada yang belum lengkap maka OPD terkait harus membuat rurat pernyataan yang pada pada dasarnya mene­rangkan bahwa anggaran masih dikelola dan belum dipertanggungjawabkan.

“Kalau ada yang belum selesai maka tidak bisa buat permintaan berikutnya. Harus selesaikan yang belum selesai. Intinya, segera selesaikan laporan pertang­gungjawaban keuangan itu agar seluruh kinerja kita kedepan bisa berjalan dengan baik sesua program-program yang ada, “pung­kasnya. (S-29)