AMBON, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Kiobas menghimbau kepada masyarakat SBT untuk menciptakan pilkada yang damai di bumi Ita Wotu Nusa itu. “Saya himbau kepada masyarakat untuk selalu selalu menciptakan Pilkada yang damai dan aman di bumi Ita Wotu Nusa,” ungkap Bupati kepada Siwalima di kediamannya kemarin.

Menurutnya penting untuk men­jaga kedamaian dan kesatuan masyarakat SBT yang dikenal dengan hidup orang sudara. Apalagi di Pilkada saat ini kata Keliobas, untuk memilih figur terbaik dalam memimpin  Kabupaten SBT yang lebih baik kedepan.

Keliobas menegaskan, jangan sampai situasi dan kerukunan orang basudara terciderai  oleh kepentingan semata. “Ini sangat penting bagi kita orang sudara, jangan ciptakan situasi yang membuat gejolak diantara sesama kita sendiri, dan jangan sampai kita menodai demokrasi,” tandasnya.

Suksesi Pilkada SBT saat ini tambahnya penting untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik agar pilkada berlangsung sampai selesai tanpa ada gejolak di masyarakat SBT.

Dikatakan, selain aparat penegak hukum baik TNI maupun Polri, pemerintah di lingkup SBT, masyarakat merupakan faktor penentu kesuksesan pilkada saat ini.

Baca Juga: Noach Terima Penghargaan Predikat Tinggi dari Kemendagri

Pilkada saat ini lanjutnya, negara diperhadapkan dengan penyebaran Covid-19. Olehnya masyarakat harus mematuhi protokoler kesehatan.

Menaati protokoler kesehatan ini dengan cara menjaga jarak, me­nggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan hindari kerumunan. “Masyarakat harus mematuhi protokoler kesehatan karena saat ini pilkada dihadapkan dengan pandemi Covid-19, sehi­ngga meggunakan masker, mencuci tangan dan mejaga jarak itu sangat penting,” ungkapnya. (S-47)