AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Boodewin Wattimena, Senin (12/6) bertempat di di Gedung Ashari, melepas  Calon Jamaah Haji. Dari jumlah 314 CJH itu, terdiri dari 115 orang merupakan CJH berjenis kelamin laki-laki, dan 199 adalah perempuan.

Ratusan CJH ini berasal dari empat kecamatan di Kota Ambon, yakni 235 orang dari Kecamatan Sirimau, 26 orang dari Kecamatan Nusaniwe, 39 orang dari Kecamatan Baguala, dan 14 orang dari Kecamatan Teluk Ambon.

Walikota mengatakan, ratusan CJH yang akan diberangkatkan pada 15 Juni ini, nantinya akan dilepas oleh Pemerintah Provinsi Maluku bersamaan dengan CJH dari 10 kabupaten/kota lainnya.

“Jadi ini sebagai bentuk silaturahmi dan pelepasan secara simbolis, untuk keberangktan nanti tanggal 15 Juni. Saya berharap, keberangkatan nanti bisa berjalan baik dan kembali menjadi haji yang mabrur,” harap walikota dalam arahannya saat melepas ratusan CJH ini.

Untuk itu, walikota minta agar, setiap CJH mempersiapkan diri masing-masing dengan baik terutama bagi para lansia untuk menjaga kesehatannya, agar waktunya nanti tidak ada gangguan apapun.

Baca Juga: Walikota: Semua Arahan Mendagri Telah Dijalankan

“Agar setiap jamaah nantinya dapat menjalankan perjlanan dan ibadahnya dengan tertib, aman dan nyaman. Kami percaya Allah SWT akan menjaga kalian hingga kembali ke tanah air dengan selamat,” ucap walikota.

Walikota pada kesempatan itu atas nama pemerintah kota, juga menyerahkan uang saku kepada 314 CJH, masing-masing sebesar Rp1 juta. Pemberian uang saku ini sebagai bentuk fasilitas yang diberikan Pemkot Ambon kepada CJH asal Kota Ambon.

Selain itu fasilitas lainnya juga diberikan, diantaranya fasilitas kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan.

“Jadi sudah kita berikan hari ini untuk masing-masing orang diberi Rp1 juta, kita juga lakukan pendampingan mulai dari proses keberangkatan ke tanah Suci Mekkah, hingga mereka kembali ke tanah air nantinya. Itu semua akan difasilitasi oleh pemkot,” ujar walikota. (S-25)