AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya berharap kepada stakeholder lintas sektor dapat merumuskan kebijakan yang berpihak kepada pemuda.

Hal ini disampaikan walikota ketika membuka rapat lintas sektor Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaaan di Balai Kota, Kamis (17/10).

Menurutnya guna mendukung perkembangan dan pemberdayaan generasi muda ia meminta kepada seluruh stakeholder yang ada dan pemangku kepentingan lintas sektor agar bersinergi dengan pemkot melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Mari kita tingkatkan sinergi dan komitmen kita dalam mendukung perkembangan dan pemberdayaan generasi muda di Ambon yang kita cintai,” ujarnya.

Lanjutnya, pemuda memiliki peran aktif dalam banyak sisi kehidupan berbangsa dan bernegara. Mereka juga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pembangunan ideologi, politik, sosial, ekonomi dan budaya.

Baca Juga: Pasar Murah akan Digelar di Gong Perdamaian Dunia

Oleh sebab itu, dirinya menyampaikan dua hal penting kepada para peserta, pertama penting bagi kita untuk menyusun RAD yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam pelayanan kepemudaan, melalui penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan kepemimpinan kewirausahaan serta kepeloporan pemuda.

Kedua, melalui RAD, diharap­kan dapat mengkoordinasikan program antar sektor, kajian dan penelitian bersama tentang persoalan pemuda.

Selain itu terkait bagaimana mengatasi dekadensi moral, pengangguran, kemiskinan dan kekerasan serta narkotika, psiko­tropika dan zat adiktif lainnya.

“Melalui dua hal ini, peserta yang berasal dari stakeholder lintas sektor dapat bersinergi berkoordinasi dan berkolaborasi agar program-program yang direncanakan dapat berjalan efektif dan berdampak positif bagi mereka dalam rangka mengukur Indeks Pembangunan Pemuda di kota ini kedepan,” tegasnya.

Karena itu ia berharap semua peserta dapat berkontribusi positif dan konstruktif sehingga dapat merumuskan kebijakan yang berpihak kepada pemuda. (S-29)