MASOHI, Siwalimanews – Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng) Marlatu L Leleury mengapresiasi langkah positif insan pers yang menggagas penghijauan sebagai bentuk apresiasi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini.

“Secara pribadi maupun pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Tentu ini kegiatan sangat positif yang patut didukung oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat lainnya. Pasalnya, selain sebagai wujud menjaga dan melestarikan lingkungan namun penghijauan adalah wujud kesadaran bersama untuk menjaga alam agar terus lestari,” tandas Wabup saat membuka acara itu, Senin (8/2).

Wabup menambahkan, lingkungan yang terawat dan alam yang lestari tentu akan membawa dampak keindahan serta ekosistem hutan yang terawat. Selain itu dampak perubahan iklim yang memicu terjadinya bencana alam dapat pula dihidari.

“Giat penghijauan adalah bentuk dari upaya sadar manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup serta ekosistem yang terus terjaga. Dengan begitu kita akan mendapat banyak manfaat termasuk jauh dari ancaman kerusakan lingkungan yang membawa dampak bencana alam,” jelasnya.

Leleury menambahkan, pemerintah serta seluruh lapisan masyarakat luas membutuhkan pers untuk mendapatkan sajian informasi berkualitas dan bermanfaat. Sebab suka atau tidak, sajian hasil kerja pers tentu telah membentuk pola pikir masyarakat. Olehnya pers harus mampu menyampaikan sajian informasi positif yang dapat pula membentuk pola pikir masyarakat yang positif.

Baca Juga: Pemkab Bursel Canangkan Vaksin Perdana

“Suka atau tidak, peran pers memiliki andil yang sangat besar bahkan telah mampu membentuk pola pikir masyarakat dalam ber­bagai dimensi kehidupan. Olehnya, pers Malteng diharapkan dapat terus menyampaikan pesan dan na­rasi positif agar masyarakat da­pat terus membiasakan diri me­nyerap informasi yang bermanfaat dan bersifat positif guna pengem­bangan masa depan bangsa dan negara lebih dari itu pengem­bangan daerah Kabupaten Maluku Tengah,” tutup Leleury. (S-36)