AMBON, Siwalimanews – Demi meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Pattimura kembali menjadi kerjasama dengan Indonesian International Education Foundation.

Penandatanganan kerjasama itu dilakukan oleh Warek Bidang Umum dan Keuangan, Pieter Kakisina dengan perwakilan Indonesian International Education Foundation (IIEF), Fenty Agtiffantono bertempat di ruang Rektorat belum lama ini.

Kakisina mengatakan, ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan English Access Scholarship Program 2024-2026, yang akan saling menguntungkan.

“Dengan status Unpatti sebagai Badan Layanan Umum dan menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), maka implementasi dari kerjasama internasional ini menjadi penting dalam mendukung Unpatti menuju PTN BH,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan kerjasama ini, mahasiswa Unpatti atau masyarakat Maluku secara umum, bisa mendapatkan kesempatan studi di luar negeri.

Baca Juga: Menteri ESDM Hadiri Pertemuan PTN KTI di Unpatti

“Saya  ada keterwakilan dari setiap fakultas yang mengikuti program ini dan kedepannya diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat didampingi oleh IIEF mulai dari awal kursus sampai pada berproses di dunia kerja,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Relo Kedutaan Amerika Serikat, Ruth Goode menyampaikan terima kasih untuk kolaborasi dan kerjasama yang telah dibangun, serta program ini ditargetkan untuk para mahasiswa yang memiliki latar belakang ekonomi yang tidak mampu.

“Setelah adanya kerjasama ini, akan ada banyak kesempatan yang bisa diambil oleh mahasiswa. Baik beasiswa dan pertukaran pelajar dan pengajar,” jelasnya.

Dia juga berharap anak-anak di Maluku dapat dengan mudah mengakses kemudahan atau tawaran-tawaran tersebut, sehingga ada penguatan-penguatan kapabilitas yang terbangun. (S-25)